Jumat, 25 Sep 2020 | WIB

Negara Selandia Baru Heningkan Cipta untuk 16 Korban Letusan Gunung Api

MCMNEWS.ID
Penulis: MCMNEWS.ID
Diterbitkan: 16 Desember 2019, 13:01 WIB
MCMNEWS.ID | Gunung White Island meletus

MCMNEWS,ID | WELLINGTON – Senin (16/12/2019) Negara Selindria Baru mengheningkan cipta satu menit untuk menghormati para korban letusan gunung berapi di White Island. Sejauh ini korban yang di temukan mencapai 16 orang.


Aparat setempat mesih melanjutkan upaya mereka untuk menemukan dua orang lain yang diyakini juga telah tewas.

Sebelumnya Gunung berapi di White Island atau Whakaari tiba-tiba meletus hebat pekan lalu. Gunung api itu mengalami erupsi tanpa terdeteksi oleh otoritas terkait.

Sejauh ini 26 orang masih di rumah sakit di Selandia Baru dan Australia, kebanyakan mereka dalam kondisi kritis dengan luka bakar parah akibat letusan Gunang Api White Island.

Perdana Menteri Jacinda Ardern

Dalam keterangan Persnya Perdana Menteri Jacinda Ardern memimpin hening cipta bersama para menterinya di gedung parlemen di Wellington.

“Mereka yang telah tiada selamanya terhubung dengan Selandia Baru, dan kami akan mengenang mereka,” tulis Ardern di akun Instagram-nya.

Kedutaan Amerika Serikat di Wellington mem-posting foto di Twitter, di mana para staf menundukkan kepala sebelum bendera AS dikibarkan setengah tiang.

Tim penyelamat yang telah mengevakusi enam jasad dari White Island pada hari Jumat pekan lalu, sejauh ini belum berhasil berhasil menemukan dua orang yang hilang meski pencarian sudah dilakukan berjam-jam.

Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan pencarian via udara akan dilakukan pada hari Senin untuk membantu penyelam Angkatan Laut dalam membentuk rencana lebih lanjut untuk pencarian bawah laut.


Kami akan melanjutkan operasi selama kami memiliki kesempatan untuk menemukan kembali jasad-jasad itu,” kata Bush kepada New Zealand Radio.

Gunung berapi yang menjadi tujuan populer bagi para pelancong, meletus pada Senin lalu. Gunung itu memuntahkan abu, uap, dan gas di seluruh White Island. Sebanyak 47 orang berada di pulau itu ketika erupai terjadi, termasuk 24 warga negara Australia dan empat penduduk tetap, serta beberapa warga asing lainnya seperti warga AS, Jerman, China, Inggris, dan Malaysia.


Airin Rachmi Diany Anies Baswedan Bacalon Walikota dan wakil walikota tangerang selatan Bantuan Sosial Benyamin – Pilar Benyamin Davnie Dinas Lingkungan Hidup Tangsel DPRD Tangsel Drs. H Muhammad Gerindra Tangsel Jokowi Joko Widodo KPU TANGSEL Li Claudia Chandra Maya Mardiana Muhamad-Rahayu Muhamad-Sara Muhamad-Saras Partai Gerindra Pasien positif corona Pembatasan Sosial Berskala Berat Pembatasan Sosial Berskala Besar Pemkot Tangsel Pemkot Tangsel waspadai virus corona Penyebaran virus corona Pilkada 2020 Pilkada saat pandemi Pilkada Tangerang Selatan 2020 Pilkada Tangsel Pilwakot Tangsel 2020 Prabowo Subianto Presiden Jokowi PSBB Rahayu Saraswati Saraswati Siti Nur Azizah Tangerang Selatan TPA Cipeucang Virus Covid-19 Wabah Corona Wabah virus corona Wakil Walikota Tangsel Walikota Tangerang Selatan Walikota Tangsel Waspada wabah virus corona

back-to-top