Detail

Sempat Mengalami Penurunan Kualitas, Begini Cara Telkomsel Amankan Jaringan untuk PON XX Papua

Selasa, 21 September, 2021, 13:19 WIB
Penulis: Irfan

MCMNEWS.ID – Perusahaan telekomunikasi Telkomsel menyiapkan jaringan data selular untuk memastikan kelancaran untuk cabang olahraga eksibisi esport pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar di arena hoki dan kriket di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/9).

Manager RAN, Transport and Security Operation Telkomsel Maluku dan Papua Kurnia Widhi Atmadji mengungkapkan jaringan data selular tersebut sebagai cadangan jaringan.

“Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya (sebagai default),” ujar Kurnia dalam keterangan tertulis, Senin.

Wilayah kota dan kabupaten Jayapura pada Minggu malam sempat mengalami penurunan kualitas jaringan.

Terkait hal tersebut, Kurnia menyebutkan saat ini jaringan Telkomsel, khususnya di kota Jayapura, sudah berangsur pulih.

“Traffic untuk empat klaster penyelenggaraan PON, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, saat ini mendapatkan prioritas dibandingkan wilayah lainnya yang terdampak,” jelasnya

Kurnia juga mengatakan, bahwa gangguan yang terjadi pada Minggu malam itu bersifat nasional.

“Telkomsel dan TelkomGroup sudah melakukan mitigasi dengan menggunakan backup link dan memprioritaskan trafik untuk PON di empat kota penyelenggara,” kata Kurnia.

“Di samping itu, Telkomsel sudah menyiapkan satu unit Combat untuk mengantisipasi lonjakan traffic saat pertandingan berlangsung,” tambahnya. 

Diketahui, Layanan internet Telkomsel sendiri digunakan untuk mendukung infrastruktur gelaran acara eksibisi esports PON XX Papua 2021.

Baik saat bertanding secara online, broadcast, hingga komunikasi di sekitar lokasi Indoor Hockey Doyo Baru yang akan menjadi venue PON XX Papua 2021.