Kamis, 1 Okt 2020 | WIB

Lagu ‘Ojo Mudik’ Jadi Karya Terakhir Didi Kempot, Lagu Bertema Soal Corona

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 05 Mei 2020, 16:27 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID –   Maestro campursari Didi Kempot sempat membuat lagu “Ojo Mudik” (Jangan Mudik), sebelum menghembuskan napas terakhir pukul 07.30 di Solo, Selasa pagi.

Judul lagunya pas dengan kebijakan larangan mudik yang diterapkan pemerintah mulai 24 April 2020. Lagu ciptaan Didi Kempot Ojo Mudik tersebut diposting melalui akun Youtube resminya Didi Kempot Official Channel pada Selasa 28 April 2020 atau 4 hari setelah pemberlakuan larangan mudik.

Hingga berita ini ditulis, videonya telah ditonton lebih dari 1.110.100 kali.

Didi Kempot tampil mengenakan kaos dan blangkon hitam yang senada. Di kaosnya terlihat tulisan “Bersatu Lawan Corona”.

Lagu tersebut juga mengajak orang-orang untuk menjaga jarak dan berdiam diri di rumah. Di tengah lagu dengan lirik bahasa Jawa dan Indonesia, Didi menyerukan imbauan untuk berdiam diri di rumah demi menekan penyebaran virus corona.

Rupanya, lagu Ojo Mudik itu menjadi lagu ciptaaan terakhir Didi Kempot, karena persis pada hari yang sama seminggu kemudian, pencipta dan pelantun Campur Sari itu meninggal dunia.

Dionisius Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot merupakan artis campursari yang sangat terkenal di Kota Solo.

Didi Kempot lahir di Surakarta, 31 Desember 1966. Didi merupakan putra dari seorang pelawak terkenal dari Kota Solo, Ranto Edi Gudel yang lebih dikenal dengan nama Mbah Ranto atau Mbah Gudel.Ranto Edi Gudel adalah seorang pelawak kawakan Srimulat. Kakak Didi adalah Mamiek Podang yang juga seorang pelawak  senior Srimulat.

back-to-top