Selasa, 29 Sep 2020 | WIB

Kabar Duka, Johny Indo ‘Robin Hood’ Indonesia Tutup Usia

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 27 Januari 2020, 0:30 WIB
MCMNEWS.ID | Johny Indo

MCMNEWS.ID –  Dunia perfilman Indonesia kembali berduka. Pasalnya aktor senior Johny Indo dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) pagi. 

Dia wafat sekira pukul 07.45 WIB.Hal itu pun terungkap dalam pesan berantai yang beredar di kalangan wartawan hiburan.”Telah meninggal dunia, Nama: Yohanes Hibertus Eijkenbum atau Jon Indo (H. Umar Billah). Umur 72 tahun pukul 07.45 WIB,” demikian bunyi pesan yang beredar.

Nama Johny Indo sendiri sempat melambung di era 80-an akhir. Dia pernah membintangi sejumlah film seperti Badai Jalanan, Langkah-Langkah Pasti hingga Daerah Jagoan.

Johny Indo yang lahir pada 6 November 1948 memiliki kisah hidup penuh liku.

Selain sebagai artis, ia juga dikenal dengan sebutan ‘Robin Hood’ Indonesia.

Johny sendiri dikenal pada era 1970an hingga 1980an awal. Ia dikenal karena merampok orang-orang kaya, namun hasil kejahatannya tak dinikmatinya sendiri.

Ia membagikan hasilnya kepada rakyat miskin yang membutuhkan. Karena itu lah ia mendapatkan julukan sebagai Robin Hood Indonesia.

Johny telah bertaubat dan menjadi seorang pendakwah, bahkan mengubah namanya menjadi Ki Umar Billah Al-Jhon Indo.

Sebelumnya, dia pernah dijebloskan di Penjara Nusakambangan karena merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat pada 1979. Dia ditahan selama 14 tahun.

Menjadi Mualaf Jhony Indo alias Umar Billah menjadi santun dan lemah lembut.

Ia sempat bermain dalam sejumlah film yang salah satunya mengangkat kisah dirinya dalam film Johny Indo pada tahun 1987.

Setelah menjadi mualaf sisa hidupnya diisi dengan berdakwah. 

back-to-top