Senin, 30 Nov 2020 | WIB

Cerita Saraswati : Batalkan Pekerjaan di London, Demi Perankan Film Yang Terinspirasi Dari Pertempuran Lengkong

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 18 Agustus 2020, 15:11 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID – Tidak hanya aktif sebagai aktivis perempuan dan anak, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yang pernah mengenyam pendidikan akting di London dan Hollywood itupun juga pernah memainkan peran dalam film bertema kemerdekaan, yaitu Merah Putih.

Ada kisah menarik dalam proses pembuatan film Merah Putih, kisah tersebut ia ceritakan dalam postingan di akun instagram pribadinya @rahayusaraswati.

Saraswati menyebut, ketika mendapatkan tawaran untuk membintangi Film yang diproduksi pada tahun 2009 tersebut, posisinya sangat dilematis bagi dirinya.

Pasalnya, pada tahun tersebut Saraswati juga harus terbang ke London untuk hal pekerjaan.

“Seharusnya tahun 2009 waktu shooting untuk #MerahPutih, saya harusnya ke London untuk bekerja karena sudah dapat visa,” cerita Saras, seperti dikutip Mcmnews.id, Selasa, (18/8/2020).

“Tapi saat mendapat kabar bahwa saya mendapatkan peran (sebagai) Senja, seorang pejuang perempuan di era kemerdekaan, saya tau kemungkinan peran seperti itu datang lagi sangat kecil, secara itu peran dambaan. Akhirnya saya putuskan untuk tidak pergi ke Inggris,” lanjutnya.

Film Merah Putih merupakan trilogi film perjuangan pertama di Indonesia yang terinspirasi dari peristiwa Lengkong 25 Januari 1945, dimana kedua saudara eyang Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yakni Soebijanto Djojohadikoesoemo dan Soejono Djojohadikoesoemo gugur bersama Mayor Daan Mogot dan puluhan pejuang lainnya.

Film berasaskan semboyan ‘Untuk Merdeka Mereka Bersatu’ itupun dirilis pada tahun 2009, Film Merah Putih 2 : Darah Garuda dirilis pada tahun 2010, dan Film Merah Putih 3 : Hati Merdeka dirilis pada tahun 2011.

Film itu disutradarai oleh Yadi Sugandi, dan untuk Film Merah Putih 2 dan 3 disutradarai oleh Yadi Sugandi bersama Conor Allyn.

Diberitakan sebelumnya, dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo melakukan upacaya di Tugu Pahlawan Lengkong, Serpong, Kota Tangsel, Senin, (17/8/2020).

Saraswati yang juga merupakan Bakal calon Wakil Walikota Tangsel, itupun mengungkapkan, upacara dilakukan untuk mengenang para pahlawan yang gugur ketika berjuang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya yang gugur dalam pertempuran lengkong.

“Terutama untuk anak-anak muda Tangsel untuk tidak melupakan sejarah pengorbanan para leluhur kita, dimana kita bisa menikmati kemerdekaan sekarang itu karena mereka semua,” katanya, Senin, (17/8/2020).

Saraswati menyebut, peristiwa Lengkong juga menjadi inspirasi dari dibuatnya film bertema kemerdekaan, yakni film Merah Putih.

“Justru mereka beliau ini yang menginspirasi adanya film kemerdekaan Merah Putih,” ujarnya.

back-to-top