Minggu, 20 Sep 2020 | WIB

Tuntut Janji Rumah Deret, Warga Taman Sari Bersatu Gelar Aksi Massa

Bang Noy
Penulis: Bang Noy
Diterbitkan: 16 Januari 2020, 23:40 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID – Warga Taman Sari Bersatu menggelar aksi di Komnas HAM dan DPR untuk mendorong program pembangunan rumah deret di wilayah tersebut.

Seperti diketahui bahwa Pemerintah Daerah telah menggusur puluhan rumah di wilayah Taman Sari Kota Bandung Jawa Barat untuk menertibkan para warga yang masih tinggal di lokasi tersebut.

Koordinator Massa Warga Taman Sari Bersatu, Billy menjelaskan bahwa pihaknya hanya membutuhkan rumah deret yang layak untuk ditempati sebagai pengganti rumah yang digusur beberapa waktu lalu.

“Untuk apa berbicara HAM kalau hak kami ini ditelantarkan. Kami mendukung program rumah deret,” tuturnya, Kamis (16/1).

Dia juga menilai jika ada kelompok massa yang berteriak Taman Sari Melawan, maka kelompok tersebut memiliki kepentingan pribadi. Menurut Billy, Komnas HAM dan LBH sebaiknya tidak membenturkan warga dengan warga terkait peristiwa Taman Sari Bandung beberapa waktu lalu, tetapi mencarikan solusi.

“Komnas HAM dan LBH jangan benturkan kami rakyat kecil. Kami hanya perlu rumah yang layak saat ini,” katanya.

Sebelumnya ada juga ratusan warga Tamansari dan sejumlah elemen masyarakat juga menggelar aksi massa menggeruduk Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta, Senin, 13 Januari 2020. Mereka mendesak Kementerian ATR-BPN terlibat dalam konflik tanah Tamansari dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Massa aksi tersebut melakukan longmarch dari kantor LBH Jakarta menuju Kantor Kementerian ATR-BPN. Sepanjang longmarch sejumlah massa membawa spanduk dan bendera bertuliskan “Tamansari Melawan”.

back-to-top