Jumat, 25 Sep 2020 | WIB

Tetap Dipantau ! Pasien Terduga Suspect Corona, Pulang Plesiran dari Malaysia

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 03 Maret 2020, 21:08 WIB
MCMNEWS.ID | Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Deden Deni. (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Deden Deni menyarankan agar masyarakat tidak perlu panik terhadap informasi pasien terduga terjangkit virus corona yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Permata Pamulang.

Deden katakan Pasien yang dirawat di Rumah Sakit Permata Pamulang belum dinyatakan sebagai pasien yang Suspect (teridentifikasi) Corona (COVID-19), pasien tersebut dinyatakan memiliki riwayat asma, bukan terjangkit virus corona.

Namun, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan Deden Deni mengatakan bahwa pasien yang tak disebutkan namanya itu, tetap masuk dalam pemantauan, terkait virus Corona ini. 

“Yang di (RS) Permata kita lakukan pemantauan,” kata Deden usai menggelar rapat koordinasi dengan dinas terkait di Puspemkot Tangsel, Jalan Maruga Raya, Ciputat, Tangsel, Selasa (3/3/2020).

Satu orang pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapatkan perhatian khusus karena diduga suspect virus corona. Pasien tersebut jatuh sakit sepulang plesiran dari luar negeri.

“Karena riwayatnya yang bersangkutan baru pulang dari Malaysia (bukan Singapura-red),” ungkap pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Deden Deni di Balaikota Tangsel, Selasa (3/3/2020).

“Setelah diperiksa, pasien yang dimaksud memliki riwayat asma, jadi bukan terjangkit virus corona,” kata Deden

Deden menerangkan, meski yang bersangkutan berdasarkan catatan rekam medis pasien tersebut memiliki riwayat penyakit asma dan gangguan paru-paru, Dinkes akan tetap menjalankan pemantauan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). 

Hal itu dilakukan, karena yang yang bersangkutan mengeluhkan beberapa gejala yang serupa dengan gejala terjangkitnya virus Corona.

“Apapun itu kita pantau sesuai SOP,” ungkap Deden.

Sebenarnya, kata Deden, karena sudah membaik, yang bersangkutan sudah dinyatakan boleh pulang, atau rawat jalan. 

Namun, sesuai dengan saran Wali Kota Airin Rachmi Diany, pasien tersebut akan dipantau dan dibawa ke ruang isolasi RSU Tangsel. 

“Pasien akan dipindah ke RSU Tangsel, agar kita lebih mudah memeriksanya. Mudah-mudahan tidak terkena corona,” pungkas Deden.

back-to-top