Detail

Mudik Dilarang, Polda Banten Dirikan 8 Check Point Dari Tangerang Hingga Merak

Kamis, 8 April, 2021, 12:03 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), Polda Banten, akan membentuk pos pengamanan atau check point dengan menerapkan penyekatan dibeberapa titik.

Pos pengamanan akan berjumlah 8 titik, yang tersebar dari Tangerang hingga Pelabuhan Merak. Hal tersebut menindaklanjuti aturan pemerintah tentang larangan mudik lebaran tahun 2021 ini.

Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten, Kompol Kamarul Wahyudi, menjelaskan, rencananya Polda Banten akan melakukan operasi ketupat 2021 pada tanggal 6-17 Mei 2021.

“Kali ini kita akan melakukan penyekatan pada titik-titik yang akan ditentukan yang menjadi jalur mudik, mulai dari jalan tol maupun Arteri,” kata Kamarul Wahyudi, ditulis Kamis, (8/7/202).

Wahyudi menuturkan, penyekatan tersebut akan dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang disinyalir akan melakukan mudik 2021.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk menahan diri agar tak mudik pada lebaran tahun ini, untuk menekan penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan sejumlah alasan pemerintah memutuskan kembali melarang mudik Lebaran pada tahun ini.

Dikatakan Budi, hal itu berkaca pada pengalaman mudik lebaran tahun 2020 lalu.

“Sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo), kita harus melihat apa yang terjadi di 2020 lalu, ada beberapa hal yang menyebabkan kami melarang mudik,” Kata Budi beberapa waktu lalu, (7/4/2021).

Budi menjelaskan, pemerintah melihat fenomena yang terjadi saat periode libur Natal dan Tahun Baru. Saat itu tak ada larangan mudik. Pada akhirnya, usai masa libur Natal dan Tahun Baru kasus Covid-19 pun melonjak drastis.

“Setelah masa mudik Natal itu terjadi kenaikan kasus terpapar yang tinggi, bahkan terdapat kematian pada tenaga kesehatan lebih dari 100 orang,” ungkapnya.