Detail

Kebakaran Lapas Tewaskan 49 Napi, Kalapas Tangerang Resmi Dinonaktifkan

Jumat, 17 September, 2021, 20:37 WIB
Penulis: Bang Noy

MCMNEWS.ID    –     Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menonaktfikan Victor Teguh Prihartono dari jabatannya sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang.

Victor dinonaktifkan mulai Jumat (17/09/2021). Sebelumnya pada Selasa (14/09/2021), Victor diperiksa penyidik Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Dia dimintai keterangannya terkait kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan 49 narapidana tengah pekan lalu.

Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti juga membenarkan kabar bahwa dinonaktifkan Kalapas Tangerang ini dilakukan untuk keperluan pemeriksaan. “Proses pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM,” ucap Rika melalui sambungan telepon pada Jumat (17/09).

Rika menjelaskan bahwa saat ini, tanggung jawab Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang dipegang Plh Nirwono. Ia merupakan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.

Sebelumnya, Viktor dan 6 pejabat Lapas Kelas 1 Tangerang lainnya diperiksa di Polada Metro Jaya pada Selasa (14/09). Hal ini merupakan bagian dari penyidikan atas kebakaran di Lapas tersebut.

Pada pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Victor dimintai keterangannya berkaitan dengan tugas serta perannya sebagai kepala lapas.

Selain Victor, penyidik turut memeriksa enam pejabat lainnya. Yakni kepala tata usaha, kepala kesatuan pengamanan lembaga pemasyarakatan (KPLP), kepala bidang administrasi, kepala sub bagian hukum, kepala seksi keamanan, dan kepala seksi perawatan.