Detail

Agar Mudah Diterima Masyarakat, Mahasiswa KKN UNS Buat Sosialisasi Prokes Covid-19 Melalui Media Mural

Monday, 22 February, 2021, 18:09 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam masa pandemi Covid-19 bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui media mural. Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Mahasiswa UNS sendiri melakukan KKN di salah satu desa di Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dengan sistem KKN Tematik Integratif.

Ketua Kelompok KKN UNS, Suci Fitriani, mengatakan, media mural yang dilakukan oleh para mahasiswa UNS merupakan salah satu cara untuk sosialisasi Covid-19 dengan aliran seni.

“Sebuah gambar mampu mengungkapkan pesan secara tidak langsung dengan bentuk yang indah. Hal tersebut juga mampu di tangkap warga pada berbagai umur, dari anak-anak hingga dewasa. Anak-anak yang belum mampu untuk membaca juga dapat menangkap pesan dengan mudah,” kata Suci kepada Mcmnews.id, Senin, (22/2/2021).

“Karya seni seperti Mural akan mampu mengingatkan warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan hanya dalam melihat mural tersebut,” lanjutnya.

Suci menjelaskan, Mural dibuat pada tembok kosong yang berada dekat dengan tempat wudhu luar disalah satu Masjid.

Dikatakan Suci, Mural tersebut akan mudah dilihat oleh warga yang ingin beribadah di masjid maupun warga yang sedang berlalu-lalang.

Suci pun berharap, dengan adanya Mural sosialisasi penerapan protokol kesehatan, diharapkan akan mengingatkan masyarakat untuk tetap melakukan 5M untuk menjauhkan dari terpaparnya Covid-19.

Sementara itu, salah seorang pengajar Taman Baca Masyarakat, Euis Maryani, mengungkapkan rasa senang dengan adanya mural sosialisasi tersebut.

“Saat Mahasiswa UNS melakukan mural dekat masjid pada sore hari, anak-anak TPA Masjid At-Taubah yang sedang istirahat turut ikut membantu dan jadi tidak jajan sembarangan,” tandasnya.