Detail

WCD 2021, DLH Tangsel: Momentum Peningkatan Kesadaran Masyarakat Soal Sampah

Selasa, 21 September, 2021, 13:29 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyambut baik perayaan Hari Word Cleanup Day (WCD) yang diperingati setiap tanggal 19 Desember 2021 dengan melakukan aksi bersih-bersih di Kota Tangsel.

Kepala DLH Kota Tangsel, Toto Suroto, mengatakan, dalam WCD tahun 2021 ino dirinya berharap bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menangani persoalan sampah.

“Dalam perayaan hari Word Cleanup Day 2021 ini kami berharap bisa menjadi dorongan partisipasi masyarakat dalam rangka pengelolaan sampah dan kesadaran masyarakat akan persoalan sampah,” kata Toto, Senin, (20/9/2021).

“Sekali lagi ini adalah momentum penyadaran, bahwa persoalan sampah bukanlah tanggung jawab pemerintah sendiri melainkan membutuhkan kesadaran dan kontribusi dari masyarakat,” lanjutnya.

Di Kota Tangsel sendiri perayaan WCD 2021 dilakukan dari tanggal 12 September 2021 hingga 24 September 2021.

Kendati tidak menargetkan berapa banyak masyarakat yang terlibat dalam perayaan WCD 2021, Toto mengungkapkan, pihaknya akan menggandeng seluruh komunitas yang telah dibina oleh DLH Kota Tangsel.

“Kita kita menargetkan berapa banyak masyarakat yang terlibat, tetapi kami mendorong semua stakeholder yang kita bina untuk berpartisipasi,” tutur Toto.

“Kita sudah punya bank sampah hampir 327, kita harapkan 80% bank sampah ikut berpartisipasi dan kita punya 41 TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuce, Reduce, Resycle) ikut berpartisipasi dalam rangka ini,” lanjutnya.

World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.

Dengan kata lain, aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia ini bertujuan untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

***