Detail

‘Tipping Fee’ TPS3R di Tangsel Berbeda-beda, Ada Yang Hingga 4 Juta

Tuesday, 16 March, 2021, 15:18 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pengelola Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) Ciater, Mursad, mengatakan, bahwa besaran tipping fee pengangkutan sampah sebesar Rp4jt.

Mursad mengungkapkan, pihaknya yang setiap pengangkutan dimintai Rp.400ribu. Saat ini, 10 hingga 12 pengangkutan setiap bulannya, disebut Mursad.

“Satu rit itu saya setornya Rp400ribu. Sebulan bisa 10 sampai 12 rit. Satu rit itu rata-rata 4 sampai 5 ton. Jadi ya sekitar Rp.4juta sampai Rp.4,8juta. Itu nanti ada orang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang ambil setiap bulannya,” kata Mursad.

Berbeda dengan Mursad, Edi Junaidi selaku pengelola TPS3R Pakulonan membayar tipping fee ke DLH Kota Tangsel sebesar Rp.1,7juta setiap bulannya.

“Kalo disini (TPS3R Pakulonan) sebulan Rp.1,7juta. Itu per satu kali angkutnya sekitar 3 ton. Kita diangkut setiap 2 sampai 3 hari sekali dari DLH. Kadang-kadang suka telat juga,” kata Edi Junaidi.

Edi menyatakan, iuran sampah kepada warga rata-rata Rp.25ribu per kepala keluarga (KK). Di lingkungannya, terdapat sedikitnya 200 KK.

“Rata-rata Rp.25ribu. Disini ada 200 KK. Iuran itu untuk bayar petugas angkut sampahnya Rp.3,6juta, petugasnya ada tiga orang. Jadi ya, kami berharap adanya pembinaan dari Pemerintah Kota (Pemkot), agar lingkungan kami dapat mengurangi jumlah sampah,” tegas Edi.