Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Tim Dosen BSI Lakukan Penyuluhan Manfaat Youtube Sebagai Media Pembelajaran Di Kelurahan Pakulonan

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 21 Juli 2020, 19:43 WIB

MCMNEWS.ID – Tim dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Jakarta melaksanakan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan untuk ibu-ibu Posyandu Garuda 1 Pakulonan di RT 001/01, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ketua Pelaksana pengabdian masyarakat, Rudianto, mengungkapkan, pengabdian masyarakat kali ini tentang pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran.

Dalam melakukan aktivitas tersebut, Rudianto ditemani oleh anggota tim diantaranya Isroni, Dedi Supriadi, Nurhadi, Herayati, dan dibantu oleh dua mahasiswa.

“Kegiatan pengabdian masyarakat yang menjadi kewajiban para dosen harus tetap dilaksanakan meski dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya Rudianto, dalam keterangan yang diterima Mcmnews.id, Selasa, (21/7/2020).

Instruktur pengabdian masyarakat, Isroni mengatakan, peserta mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara menggunakan youtube sebagai media pembelajaran bagi anak-anak.

Pelatihan selama setengah hari ini diisi dengan praktek diantaranya tutorial penggunaan youtube untuk mencari channel youtube yang berkonten pendidikan dan pembelajaran untuk sekolah.

“Banyak orang tua masih belum tahu cara memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran bagi anak, ini karena minimnya pengetahuan orang tua terhadap media youtube ini,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua Posyandu Garuda 1 yang juga merupakan peserta pelatihan, Suhaeti, mengungkapkan, pelatihan seperti ini (pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran untuk anak) sangat bermanfaat. Dikatakan Suhaeti, apalagi ketika anak-anak belajar dirumah tentu sangat membantu bagaimana cara mencari sumber-sumber informasi yang tepat.

“Semoga pengetahuan tentang pemanfaatan Youtube juga bisa diterapkan untuk ibu-ibu Posyandu,” ungkapnya.

back-to-top