Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Tiga Paslon Selesai Proses Pendaftaran, Ketua KPU Tangsel Jelaskan Tahapan Selanjutnya

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 06 September 2020, 20:32 WIB
MCMNEWS.ID | Ketua KPUD Tangsel, Bambang Dwitoro. (Dok: Andre)

MCMNEWS.ID – Tiga bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) telah mendaftarkan diri untuk maju bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ketiga bakal pasangan calon tersebut yakni Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro, mengatakan, para pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang telah mendaftarkan sejak kemarin dinyatakan berkas lengkap oleh KPUD kota Tangsel.

“(berkas) lengkap, baik persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon, kalau tidak lengkap tidak akan kita (KPUD-red) terima,” Bambang kepada Mcmnews.id, dikantor KPU Kota Tangsel, Sabtu malam, (5/9/2020).

Bambang menjelaskan, setelah proses pendaftaran calon, tahapan selanjutnya adalah verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon.

Lanjut Bambang, setelah itu pengumuman dokumen calon dan pasangan calon di halaman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan dari masyarakat.

“Selanjutnya pemeriksaan kesehatan tanggal 4-11 september di Rumah sakit milik Pemerintah dalam hal ini RSUD Kabupaten Tangerang, karena di Tangsel tidak memiliki RS kelas A / B,” jelasnya.

“Pemeriksaan spesifik di Tangsel tanggal 8 dan 9, kemudian penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan tersebut di tanggal 11 sampai 12 September, lalu verifikasi syarat calon Tanggal 6 hingga 12 september, di 13 sampai 14 september pemberitahuan hasil verifikasi,” lanjutnya.

Sementara untuk perbaikan dokumen, Bambang menjelaskan, para pasangan calon diberikan waktu hingga tanggal 22 September.

“Ada perbaikan dokumen pasangan calon diberikan kesempatan pada tanggal 14 hingga 22 September. Penetapan 23 september pengundian nomer urut pada tanggal 24 September,” tandasnya

back-to-top