Selasa, 22 Sep 2020 | WIB

Terkait Fasum Japos, Pemkot Tangsel Upayakan Selesai Akhir Tahun 2020

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 12 September 2020, 6:06 WIB
MCMNEWS.ID | Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. (Dok: Andre)

MCMNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dikabarkan akan segera menyelesaikan persoalan fasilitas umum (Fasum) berbentuk empang pada akhir tahun 2020.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengatakan, dirinya telah berkoordinasi dengan beberapa Dinas terkait agar segera menyelesaikan permasalahan Fasum tersebut.

“Yang pertama saya diundang kesini (Perumahan Japos Graha Lestari) malem-malem, saya berdialoglah dengan RT, RW. Disitu disampaikan tentang persoalan-persoalan mendasar, soal status aset kita. Nah saya minta dokumennya, dokumennya ada, kemudian saya kumpulkan temen-temen di kantor. Kita lihat statusnya, ya kemudian kita lakukan penanganan-penanganan setelah itu,” kata Benyamin Davnie, Jumat, (11/9/2020).

“(Soal Fasum di Tangsel) Sudah beberapa kita lakukan pengambilan sepihak kemudian tinggal dilanjutkan hal-hal yang lain ya. Yang masih menjadi PR itu, yang tadi empang sama balai warga disana, itu nanti diselesaikan secara bertahap,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua RW 08, Perumahan Japos Graha Lestari, Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Surapati, mengatakan, kedepannya akan ada pertemuan mediasi antara warga dengan Pemerintah.

“Pak Benyamin (Wakil Walikota, red) bilang sama saya, ini selesai akhir tahun. Bahwa Fasum yang kemarin sudah clear, ditambah dengan Fasum yang dikuasai oleh warga, nanti akan dilakukan mediasi dengan pihak pemda, untuk bisa diambil alih, dengan cara dibeli atau bagaimana. Nanti kita serahkan kepada pemda,” kata Surapati.

Surapati menjelaskan, saat warga melakukan pembenahan disekitar Fasum, sempat terjadi penolakkan dari pihak Yayasan Manba’ul Ulum.

“Beberapa waktu lalu, saat warga hendak melakukan pengerukkan empang, pembenahan, sempat ada perlawanan dari yayasan. Mereka (Yayasan Manba’ul Ulum) mengatakan, jika sampai ada alat berat yang masuk ke Fasum, mereka akan melawan. Padahal kami melakukan pembenahan, agar lebih baik Fasum ini,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Masyarakat Perumahan Japos Graha Lestari, Mayor Jenderal (Mayjen) Purnawirawan Leo J. P Sigers. Pihaknya berterimakasih atas kerja cepat Pemkot Tangsel dalam menangani permasalahan Fasum yang ada.

“Empang ini kan sangat berharga buat warga. Karena ini sumber air warga. Pemda itu kan orang tua kita. Pada saat kita menghubungi Pemda, mereka sangat responsif. Kedepannya ini kan sudah bagus, kita sudah dibuatkan tanggul agar tidak banjir, kita sedang menunggu keputusan yang sedang dirapatkan untuk Fasum ini. Yang penting kita bisa hidup tentram, aman. Semuanya untuk kebaikan masyarakat,” kata Mayjen Purn Leo.

back-to-top