Detail

Terancam Bangkrut Ditengah Pandemi, Akumindo Tangsel Ingatkan Pemkot Bantu UMKM

Monday, 19 April, 2021, 16:12 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Andrie Wisnu, tak menampik jika ada pelaku UMKM yang mati ditengah pandemi Covid-19.

Namun, Andrie pun menyebut bahwa juga terdapat UMKM yang berkembang ditengah pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Andrie menanggapi hasil survei Asian Development Bank (ADB) yang menyatakan 30 juta UMKM terancam tutup ditengah pandemi.

“Tapi memang kita akui ada memang UMKM yang berhenti berusaha di pandemi ini. Tapi jangan lupa, di pandemi ini banyak orang kehilangan pekerjaan dan penghasilan karena pembatasan sosial,” kata Andrie kepasa Mcmnews.id, Senin, (19/4/2021).

“Padahal di pandemi ini ada UMKM yang memang mati, tapi ada juga yang tumbuh,” lanjutnya.

Andrie pun meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel terus membantu para pelaku UMKM bertahan.

“Itu memerlukan suatu reaksi dari pemerintah dan komunitas atau asosiasi untuk bagaimana membantu mendukung atau paling tidak bertahan,” terangnya.

Seperti ketahui sebelumnya, Asian Development Bank (ADB) dalam surveinya pada pertengahan tahun 2020, melaporkan bahwa sebanyak 30 juta pelaku UMKM di Indonesia terancam mengalami kebangkrutan imbas Covid-19.

Hasil survei ADB tersebut mengungkapkan bahwa 48,6% dari 60 juta UMKM di Indonesia terpaksa menutup usahanya karena pandemi.