Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Tanggul TPA Jebol, Kekhawatiran Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Tangsel Saat Datangi Cipeucang Telah Terjawab

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 23 Mei 2020, 5:22 WIB
MCMNEWS.ID | Akhrom Saleh Saat Beri Bantuan Sembako Kepada Warga TPA Cipeucang. Kamis (22/05). (Dok : Istimewa)

MCMNEWS.ID  – Jebolnya tanggul penyangga tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang terjadi pada hari Jum’at (22/5/2020) mendapat perhatian dari berbagi elemen masyarakat.

Tidak terkecuali Akhrom Saleh, selaku Koordinator Tim Tangerang Selatan (Tangsel) Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pasalnya pada hari Kamis kemarin, (21/5/2020) Akhrom pernah mendatangi TPA Cipeucang untuk memberikan bantuan paket sembako kepada warga sekitar.

Akhrom bercerita, pada saat melakukan pendistribusian paket sembako di sekitar TPA Cipeucang, dirinya tersentak melihat keadaan warga.

“Waktu pertama kali datang kesana saya tersentak melihat keadaan warga, dalam hati saya bertanya, Ya Allah ini warganya siapa ?. Saya juga sempat bertanya kepada relawan, apakah sampah menggunung seperti ini diguyur hujan tidak longsor ?,” ujarnya.

“Pada saat mendistribusikan bantuan relawan juga agak kesulitan menurunkan paket bantuan dari mobil yang terparkir jauh dari lokasi sambil meniti tumpukan sampah yang licin dan amblas jika diinjak. Bahkan sampai ada relawan yang terpaksa ‘nyeker’ karena alas kakinya rusak,” lanjutnya.

Akhrom mengungkapkan, pertanyaan dirinya pada saat mendistribusikan bantuan paket sembako beberapa waktu lalu akhirnya terjawab. Dikatakan akhrom hal itu setelah ramai pemberitaan tentang jebolnya tanggul pembatas sampah di TPA Cipeucang.

“Siang ini media-media lokal dan nasional menjawab pertanyaan saya beberapa waktu lalu. Berita dengan berbagai Judul serta gambar mengabarkan bahwa gunungan sampah di TPA Cipeucang Tangerang Selatan itu longsor dan ‘nyemplung masuk’ ke kali Cisadane,” ungkapnya.

Sekedar informasi, beberapa waktu lalu Akhrom bersama tim relawan Kooordinator Tangsel Gugus Tugas Covid-19 pernah mendatangi TPA Cipeucang untuk mendistribusikan paket sembako dari Gugus Tugas Pusat kepada warga yang tinggal disekitar TPA Cipeucang yang belum mendapatkan bantuan.

Dikatakan Akhrom, Terdapat 38 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim disekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Kelurahan Cipeucang, Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam bentuk apapun.

back-to-top