Detail

Tangerang Selatan Menduduki Posisi Pertama Sebagai Kota Paling Tercemar se Asia Tenggara

Kamis, 18 Maret, 2021, 16:54 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – IQAir mencatat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi Kota dengan kualitas udara paling tercemar se Asia Tenggara. Hal tersebut tercatat dalam Laporan Kualitas Udara 2020 IQAir.

“Data lain yang cukup menarik dari laporan ini adalah kota Tangerang Selatan menjadi kota paling tercemar se-Asia Tenggara,” kata Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Bondan Andriyanu, ditulis Kamis, (18/3/2020).

Kota Tangsel menduduki posisi pertama sebagai Kota paling tercemar se Asia Tenggara, dengan tingkat PM 2.5 sebesar 74,9 sepanjang tahun 2020.

Di posisi kedua adalah Kota Pai Thailand, dengan tingkat PM 2.5 sebesar 53,0. Di posisi ketiga ditempati oleh Kota Bekasi dengan PM 2.5 sebesar 48.1.

Sementara Jakarta menempati posisi 7 dengan Kota paling tercemar se Asia Tenggara dengan PM 2.5 39.6.

Bondan mengungkapkan, dalam mengatasi persoalan kualitas udara, Pemerintah harus memiliki riset emisi inventory terkait udara yang didapat dari stasiun pengukuran.

Dikatakan Bondan, hal itu dilakukan agar Pemerintah mengetahui penyebab kualitas udara tercemar.

“Jadi harusnya sudah ada risetnya. Mereka harus punya perhitungan, mereka harus membuat riset emisi inventori,” tuturnya.

“Kalau Pemerintah tidak ada datanya, berarti Pemerintah belum melakukan apa-apa (dalam menangani persoalan kualitas udara),” pungkasnya.