Senin, 21 Sep 2020 | WIB

Soal Sheet Pile, PSI Tangsel Sebut Ada Indikasi Ketidaksesuaian Desain Awal Dengan Yang Dibangun

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 18 Juni 2020, 13:01 WIB
MCMNEWS.ID | Anggota Komisi IV DPRD Tangsel, Aji Bromokusumo. (Dok : Andre)

MCMNEWS.ID – Terkait jebolnya Sheet Pile atau tanggul penahan tumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang, Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menilai terdapat ketidaksesuaian desain dengan yang rencanakan diawal.

Hal itu seperti dikatakan oleh Anggota Komisi IV DPRD Tangsel, Aji Bromokusumo, seusai melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, pihak Perencana, pihak Kontraktor dan Pengawas, pada Senin lalu, (15/6/2020).

Menurutnya, terdapat indikasi dugaan ketidaksesuaian desain awal turap dengan yang terbangun. Dikatakan Aji hal itu karena adanya dugaan kesalahan perencanaan sejak semula.

“Terungkap dalam RDP ke-2 Senin lalu bahwa DLH pada tahun 2018, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menunjuk langsung konsultan perencana CV. Dwikarya senilai Rp. 99 juta untuk mendesain Sheet pile. Detail Engineeering Design (DED) yang dihasilkan nilai pekerjaan Sheet pile tersebut senilai Rp. 64 Miliar. Ternyata DPA yang disetujui dalam APBD 2018, hanya Rp. 24 Miliar,” katanya.

“Kemudian DLH melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menunjuk langsung CV. Andalan senilai Rp. 15 Juta untuk melakukan ‘review’ terhadap DED awal senilai Rp. 64 Miliar untuk disesuaikan dengan DPA senilai Rp. 24 Miliar,” tambahnya.

Untuk dapat melakukan pendalaman lebih lanjut, Aji meminta kepada DLH Kota Tangsel untuk dapat menghadirkan CV. Dwikarya sebagai perencana awal dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) selanjutnya.

“Meminta dari dua perencana itu dokumen lengkap DED, soil test/sondir sebagai dasar masing-masing perencana bisa mengusulkan 20 meter, dan dilain sisi hasil review dapat mengusulkan 10 meter, kemudian shop-drawing, as-built drawing, dan kontrak lengkap serta dokumen Penunjukan Langsung dari Pejabat Pembuat Komitmen DLH Tangsel,” ujarnya.

back-to-top