Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Sheet Pile TPA Cipeucang Jebol, Pengamat Sebut Proyek Yang Didampingi TP4D Harusnya Lebih Berkualitas

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 15 Juni 2020, 17:17 WIB
MCMNEWS.ID | Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah. (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID – Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, angkat bicara menyoal jebolnya sheet pile atau tanggul penahan tumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang yang terjadi beberapa waktu lalu.

Trubus heran lantaran proyek yang rampung pada bulan Desember 2019 lalu tersebut didampingi oleh Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Dikatakan Trubus, seharusnya proyek yang mendapat pendampingan TP4D memiliki kualitas yang lebih bagus.

“Proyek-proyek pemerintah yang mendapatkan pendampingan dari TP4D seharusnya memiliki kualitas yang lebih bagus. Dengan jebolnya sheet pile di Cipeucang, justru menimbulkan pertanyaan, bagaimana pendampingannya,” kata Trubus saat dikonfirmasi wartawan, Senin (15/6/2020).

Trubus mengatakan, dengan jebolnya sheet pile tersebut, menurutnya aparat penegak hukum (APH) harus segera memanggil pihak kontraktor dan melakukan pemetaan masalah.

“Saat ini, pengganti fungsi TP4D berada pada Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Datun harus panggil langsung kontraktornya, lakukan mapping persoalan, langsung lakukan penyelidikan. Seperti contoh robohnya gedung di Jakarta beberapa waktu lalu, itu langsung dipetakan masalahnya.” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Yepi Suherman menyatakan pihaknya telah meminta pendampingan saat pembangunan Sheet Pile di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang kepada Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D).

“Pada saat membangun Sheet Pile, karena anggarannya cukup besar, sehingga kami meminta pendampingan kepada TP4D. Ada dua proyek milik DLH Kota Tangsel yang kami minta pendampingan, yakni Proyek Taman Kota 1 BSD dan Pembangunan Sheet Pile TPA Cipeucang,” kata Yepi.

back-to-top