Senin, 28 Sep 2020 | WIB

Rombongan Legislator Tangsel Cek Situasi Penanganan Pasca Banjir

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 09 Januari 2020, 3:00 WIB
MCMNEWS.ID | Wakil Ketua DPRD Tangsel dan Rombongan Anggota Dewan Dapil Ciputat tinjau langsung posko banjir di Ciputat. (Dok : Andre)

TANGSEL, MCMNEWS.ID – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terjun ke beberapa lokasi banjir. Rombongan Legislator ini ingin mengecek langsung situasi pascabanjir, termasuk penyebab banjir yang terjadi pada 1 Januari 2020 lalu.

Rombongan Legislator yang turun langsung ke lokasi yang terkena banjir tersebut terdiri dari Wakil Ketua DPRD Li Claudia Chandra, Ketua Komisi II Sukarya, Ketua Komisi lV Aldi Zuhri, Ari Wibawa, Tb Adha, Hendra Alamsyah, Wawan Syakir Darmawan dan Aminudin.

Rombongan Anggota Dewan DPRD Kota Tangsel Dapil Ciputat Tinjau Situasi Pasca Banjir. (Dok : Andre)

Wilayah yang di kunjungi para legislator Tangsel itu, yakni perumahan Graha Permai Ciputat. Perumahan cluster yang berpenghuni hampir 1000 jiwa itu menjadi satu dari 59 titik banjir yang ada di wilayah Kecamatan Ciputat, dan sampai saat ini masih berdiri posko logistik.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Li Claudia Chandra, mengatakan, banjir di awal tahun ini sangat luar biasa, selain faktor curah hujan yang tinggi juga penataan lingkungan yang perlu ada perbaikan.

Dan hasil tinjauannya, politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Alin ini menegaskan agar ke depan, pengajuan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dalam proses pembangunan harus melalui prosedur yang benar. Sebab, banjir kali ini justru banyak terjadi di beberapa perumahan cluster.

“Penanganan Pasca Banjir menjadi fokus utama saat ini, kebersihan lingkungan mutlak harus di utamakan. Dinas Kesehatan harus fokus dalam penanganan masalah ini,” kata Alin, Rabu (8/1/2020).

Selain itu Alin juga sebutkan, kedepan BPBD perlu melakukan pemetaan, edukasi dan sosialisasi. Pemetaan daerah-daerah mana saja yang rawan bencana banjir dan longsor.

“Lakukan edukasi kepada masyarakat dalam hal penanggulangan kebencanaan. Serta terus menerus melakukan sosialisasi mengelola lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Ciputat, Andi Patabay menyambut baik kunjungan Anggota DPRD Kota Tangsel ke lokasi-lokasi terdampak banjir yang ada di Ciputat. Menurutnya, monitoring yang di lakukan Dewan sangat bagus lantaran banyak hal yang bisa di sampaikan langsung kepada Anggota DPRD yang terpilih dari Dapil Ciputat.

“Banyak yang kita sharing terkait solusi permasalahan banjir yang terjadi di Ciputat. Apa yang menjadi keinginan masyarakat, tadi kita sudah sampaikan semua ke dewan,” jelasnya.

back-to-top