Detail

Resmi Kerjasama Penanganan Sampah, Setiap 6 Bulan Pemkot Serang Akan Dapat 14 Miliar Dari Tangsel

Tuesday, 27 April, 2021, 21:40 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dengan Pemkot Serang resmi mendatangani kesepakatan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait pembuangan sampah ke TPA Cilowong, Serang.

Dalam kerjasama tersebut disepakati bahwa sebanyak 400 ton sampah Kota Tangsel akan dibuang ke Kota Serang dengan biaya sebesar Rp.175.000 setiap ton.

Kerjasama penanganan sampah antara Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel sendiri akan berjalan selama 3 tahun.

“Sesuai dengan perjanjian kerjasama itu persatu hari (sebanyak) 400 ton sampah (sehari). Dengan biaya Rp.175.000/ton,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang,  Ipiyanto kepada Mcmnews.id, Selasa, (27/4/2021).

Ipiyanto mengatakan, dengan proses kerjasama tersebut Kota Serang akan mendapatkan potensi penambahan Penambahan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.14 Miliar.

“Sebenarnya kalau bicara keuntungan tidak ke arah saya, mungkin lebih sifat lebih saling membantu antar daerah itu yang lebih saya sepakati, dari pada saling menguntungkan tapi ini adalah merupakan antar daerah didalam wilayah satu provinsi saling membantu antar daerah Tangsel dan yang lain,” tuturnya.

“Kalau berbicara potensi itu kita sudah mendekatkan bahwa kita itu yang tahap pertama ini karena kita berjalan di tengah proses perjalanan kurang lebih sekitar 14 Milyar lebih ya untuk pertengah tahun ini per 6 bulan,” lanjutnya.

Sementara Walikota Serang, Syafrudin mengungkapkan, setelah sebelumnya terdapat penolakan dari masyarakat terkait kerjasama tersebut, namun pihak Pemkot telah melakukan sosialisasi.

Kini, dikatakan Syafrudin, masyarakat dan DPRD telah menyetujui kerjasama tersebut.

“Pada awalnya memang ada penolakan masyarakat, dari organisasi masyarakat juga dan alhamdulillah dengan diberikan sosialisasi oleh kepala dinas ke masyarakat dan organisasi masyarakat akhirnya menerima. Pansus DPRD Serang juga sudah menerima,” pungkasnya.