Jumat, 25 Sep 2020 | WIB

Prihatin Dengan Pelayanan Kesehatan, Muhamad-Saraswati : Untuk Tiap 1 Kelurahan 1 Puskesmas

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 09 September 2020, 11:14 WIB
MCMNEWS.ID | Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Muhamad-Saraswati saat jalani pemeriksaan kesehatan. (Dok: Andre)

MCMNEWS.ID – Jika mendapatkan amanah untuk memimpin Kota Tangerang Selatan (Tangsel), bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, dikabarkan akan membangun satu Puskesmas untuk tiap satu kelurahan di Tangsel.

Program satu Puskesmas untuk satu Kelurahan merupakan bagian dari perbaikan pelayanan kesehatan di Kota Tangsel.

“Kesehatan warga harus jadi prioritas jika sebuah kota ingin maju, maka dari itu kami sepakat akan melakukan terobosan serius di sektor kesehatan jika kami dipercaya mengelola Tangsel dengan membangun 1 puskesmas untuk 1 kelurahan,” kata bakal calon Wakil Walikota Tangsel, Rahayu Saraswati, Rabu, (9/9/2020).

Saraswati melanjutkan, keprihatinannya itu lantaran sejak tahun 2018 Tangsel memiliki rumah sakit yang mestinya bisa masuk ke kategori Kelas B.

Dikatakan Saraswati, sayangnya hal tersebut tidak pernah terealisasi, bahkan melorot ke kelas D, terlebih dengan adanya temuan korupsi Rp 94,3 Miliar terkait pengadaan alat kesehatan di Pemprov Banten dan Pemkot Tangsel.

“Fokus kami melayani kesehatan masyarakat melalui 1 puskesmas 1 kelurahan, kalau hanya rumah sakit-rumah sakit swasta nanti tidak terjangkau oleh rakyat kelas bawah.” tandasnya.

Seperti diketahui, para bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel, harus melakukan pemeriksaan kesehatan di RSU Kabupaten Tangerang. Hal itu lantaran RSU Kota Tangerang Selatan tidak ada yang memiliki tipe A atau tipe B.

Bahkan diberitakan sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra-PAN, Ahmad Syawqi mengungkapkan, bahwa kepemimpinan Airin Rachmi Diany-Benyamim Davnie gagal dalam mencapai target RPJMD 2016-2021 tentang fasilitas kesehatan.

“Capain RPJMD Tangsel 2016-2021 jumlah puskesmas yang terbangun 35 Puskesmas. Saat ini, tahun 2020 yang tercapai masih 31 Puskesmas, seharusnya berdasarkan capaian RPJMD 2020 harus tercapai 34 pembangunan Puskesmas,” kata syawqi, Selasa, (8/9/2020).

“Capaian RPJMD Tangsel 2016-2021, Terbangun 2 unit Rumah Sakit tingkat kecamatan (recananya akan dibangun di Kecamatan Serpong Utara dan Pondok Aren) saat ini belum tercapai sama sekali,” lanjut Syawqi.

back-to-top