Detail

PPNI Dukung Percepatan Herd Immunity di Kota Tangsel

Jumat, 30 Juli, 2021, 21:22 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Karyadi, mendukung percepatan terbentuknya herd immunity di Kota Tangsel.

Karyadi mengungkapkan, pihaknya siap mendukung upaya percepatan herd immunity melalui bantuin personil anggotanya untuk melakukan vaksinasi.

Ia menjelaskan, herd immunity bisa terjadi karena dua hal, yang pertama adalah masyarakat terinfeksi langsung oleh virus Covid-19 atau diviruskan melalui vaksinasi.

“Upaya vaksinasi adalah pilihan terbaik, untuk itu kita harus balapan dengan virus tersebut melalui upaya percepatan tercapainya cakupan imuniasasi sampai melebihi 70%,” kata Karyadi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (30/7/2021).

“Dengan presentase tersebut diharapkan herd immunity sudah dapat terbentuk, sehingga penyebaran virus dapat dikendalikan dan juga mampu melindungi warga yang masih sehat,” lanjutnya.

Menurut Karyadi, upaya vaksinasi sebenarnya lebih efektif apabila dilakukan langsung melalui jemput bola melalui RT masing-masing.

Hal tersebut, lanjut Karyadi, sesuai dengan strategi penanganan Covid-19 berbasis RT yang pernah diluncurkan PPNI diawal tahun 2020.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, per 30 Juli 2021, sebanyak 330.957 masyarakat sudah divaksin tahap pertama dan 165.584 masyarakat sudah divaksin tahap kedua.