Kamis, 1 Okt 2020 | WIB

Polemik Pasar Ciputat : Antara Renovasi & Revitalisasi, Serta Kekhawatiran Pengamat Karena Dikerjakan Menjelang Pilkada

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 07 Juli 2020, 19:44 WIB
MCMNEWS.ID | Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan. (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID – Terkait perbedaan pendapat antara Renovasi Pasar Ciputat dan Revitalisasi Pasar Ciputat, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Maya Mardiana, angkat bicara.

Maya menyebut, program yang akan dilakukan di Pasar terbesar yang ada di Kota Tangsel itu merupakan Revitalisasi.

“Untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang berdaya menjadi vital. Misalnya dalam hal pasar los/kios yang tadinya tidak berfungsi baik dapat berfungsi optimal dengan pengaturan tata letak, penambahan sarpras penunjang dan dan lainnya,” kata Maya, ketika dikonfirmasi, Selasa, (7/7/2020).

Maya mengungkapkan, revitalisasi Pasar Ciputat yang akan dilakukan pada tahun 2020 ini adalah untuk memperbaiki fasilitas yang sudah tidak berfungsi.

Dikatakan Maya, revitalisasi juga dilakukan dalam rangka menambah fasilitas penunjang di Pasar Ciputat.

“Sarana dan prasarana (sapras) dan fasilitas penunjang diantaranya kelengkapan utk kios/lapak, Ramp disetiap lantai, tata letak, pencahayaan, sirkulasi udara, saluran air, saluran pembuangan, ruang laktasi, ruang publik, mushola, dan lainnya,” kata Maya.

“Los/kios memerlukan perbaikan fungsi seperti pencahayaan saluran air, saluran pembuangan, listrik, udara untuk kenyamanan pedagang dan konsumen,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Mcmnews.id, anggaran revitalisasi diketahui senilai Rp.14 miliar, dan akan digelontorkan Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel.

Sekedar informasi, sebelumnya Pasar Ciputat telah direhab pada tahun 2017 lalu, dengan memakan biaya sebesar Rp.2 miliar.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menyatakan, pembahasan soal Revitalisasi Pasar Ciputat telah selesai pada 2018.

Dikatakan Trubus, seharusnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel segera menjalankan program tersebut.

“Ya kalau sudah dibahas di Badan Anggaran (Banggar) dan sudah selesai semua pembahasannya, harusnya segera dilaksanakan,” kata Trubus, beberapa waktu lalu.

“Kan jadi timbul pertanyaan, kenapa justru dikerjakan pada 2020, dimana Tangsel akan melaksanakan Pilkada serentak. Seperti ada warna kepentingan politik, jika baru dikerjakan saat ini,” tandasnya.

back-to-top