Detail

Polemik Lelang Pengadaan, BLP Tangsel Akui Sudah Berikan Hak yang Sama Kepada Seluruh Peserta

Tuesday, 24 August, 2021, 11:29 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Miminnya peserta pada lelang dibeberapa tender di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) disebut karena dampak Pandemi Covid-19 yang menyasar pada sektor ekonomi.

Demikian dikatakan Kasubag Barang dan Jasa pada Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Kota Tangsel, Agus Mulyadi, menanggapi persoalan minimnya peserta lelang di Kota Tangsel.

“Saat ini kita sedang menghadapi wabah pandemi penyebaran Covid-19 yang menyebabkan dampak kerugian yang luar biasa. Tidak hanya di bidang kesehatan tetapi juga di bidang ekonomi dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Agus, ditulis Selasa, (24/8/2021).

“Hal ini berdampak pada pelaksanaan tender menjadi kurang peminat, terlihat pada saat peserta melakukan pendaftaran dan peserta yang ikut melakukan download dokumen pemilihan serta mengupload dokumen penawaran peserta, menjadi sedikit peminat,” tambahnya.

Agus menuturkan, pihaknya telah memberikan akses yang sama kepada para penyedia, untuk mengikuti tender yang menjadi kualifikasi yang sama dengan bidang masing-masing peserta.

Agus melanjutkan, dengan mendaftar sebagai peserta di BLP, maka penyedia barang dan jasa dianggap menyetujui pakta-pakta integritas seperti yang diminta BLP Kota Tangsel.

“Penyedia barang dan jasa yang sudah mendapat hak akses, dapat memilih dan mendaftar sebagai peserta lelang pada paket-paket pekerjaan yang diminati. Dengan mendaftar sebagai peserta lelang pada paket pekerjaan yang diminati, maka penyedia barang dan jasa dianggap telah menyetujui pakta integritas,” tegas Agus.

Dengan mendaftar sebagai peserta lelang pada paket pekerjaan yang diminati, penyedia barang dan jasa dapat mengunduh (download) dokumen pengadaan atau lelang paket pekerjaan tersebut. Pada prinsipnya jadi peserta lelang sangat mudah,” tandasnya.