Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Pilkada Tangsel Ditengah Pandemi, KPN Prediksi Angka Golput Capai 55 Persen

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 05 Agustus 2020, 23:14 WIB
MCMNEWS.ID | Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional, Adib Miftahul. (Dok: Andre)

MCMNEWS.ID – Lembaga Kajian Politik Nasional merilis hasil survei untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 2020 mendatang.

Survei yang dilakukan sejak tanggal 17 hingga 24 Juli 2020 tersebut, menggunakan sampel sebanyak 440 dari total 1.290.322 masyarakat yang telah berusia 17 tahun.

Dari tingkat popularitas, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, menempati urutan pertama dengan angka popularitas mencapai 72, disusul Muhamad diurutan kedua dengan tingkat popularitas 46.

Sementara putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah berada pada posisi ketiga dengan perolehan angka 40,3.

Sementara pada gabungan elektabilitas pasangan calon, pasangan calon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan unggul dengan tingkat elektabilitas sebesar 37,5 persen. Disusul oleh pasangan Siti Nur Azizah-RuhamaBen dengan angka 28 persen, sementara pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati mendapat angka elektabilitas 26,2 persen.

Namun ada yang menarik, dalam hasil survei itu, disebutkan bahwa angka golput pada Pilkada Kota Tangsel diprediksi akan meningkat sampai 10,1 persen.

Hal itu tenggarai karena pelaksanaan Pilkada akan dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional, Adib Miftahul mengatakan, angka golput itulah yang kemungkinan akan diperebutkan oleh para kontestan.

“Menurut saya ini adalah sebuah peluang besar bagi calon yang memiliki elektabilitas rendah, pasangan calon yang bisa dalam tanda kutip mengalahkan angka golput, maka dialah yang akan memenangkan pertarungan ini,” kata, Adib Miftahul.

back-to-top