Sabtu, 19 Sep 2020 | WIB

Pilkada Ditengah Pandemi, KPU Simulasikan Pencoblosan Dengan Protokol Kesehatan

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 12 September 2020, 18:02 WIB
MCMNEWS.ID | KPU Tangsel simulasikan pencoblosan dengan protokol kesehatan.

MCMNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melaksanakan kegiatan simulasi pemungutan suara dengan penerapan protokol kesehatan di Lapangan PTP Cilenggang, Serpong Kota Tangsel, Sabtu, (12/9/2020).

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan, simulasi pemungutan suara digelar dengan tujuan untuk memastikan regulasi baru yang dibuat oleh KPU dapat diimplementasikan.

Lanjut Arief, sekaligus mensosialisasikan penyelenggaraan pencoblosan yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Bahwa Tanggal 9 Desember, kami akan melaksanakan Pilkada dengan regulasi baru. Lalu kami juga ingin memastikan, regulasi baru dapat diimplementasikan, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan,” kata Arief saat sambutan, Sabtu, (12/9/2020).

Arief menjelaskan, dalam pelaksanaan pencoblosan nanti, pemilih diminta untuk mengikuti imbauan dari KPU, seperti datang pada waktu yang telah ditentukan dan memenuhi protokol kesehatan

“Setiap simulasi ini, kami membutuhkan catatan, kritikan, jika apabila ada yg harus disempurnakan maka kita akan menyempurnakannya,” ungkapnya.

Dalam simulasi tersebut, pada Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU menyiapkan fasilitas cuci tangan. Kemudian, pemilih juga di tes suhu tubuh oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS). Selain itu, pemilih diwajibkan memakai masker, para pemilih juga diberikan sarung tangan plastik sebelum mengambil surat suara.

Tidak hanya itu, dilokasi pencoblosan, KPU juga menyiapkan bilik khusus diperuntukan bagi pemilih yang didapati suhu tubuh diatas 37 derajat, maka pemilih diarahkan ke bilik suara khusus.

back-to-top