Minggu, 6 Des 2020 | WIB

Penjelasan Dinkes Tangsel Soal Vaksinisasi Covid-19

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 19 November 2020, 12:43 WIB
MCMNEWS.ID | Ilustrasi vaksin covid-19. Dok: Istimewa

MCMNEWS.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum dapat memastikan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk vaksinisasi masyarakat Tangsel.

Plt Kepala Dinkes Kota Tangsel, Deden Deni mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu pendataan dari Pemerintah Pusat.

“Untuk anggaran vaksinisasi belum ketauan harga nya berapa, jumlah yang akan di vaksinnya berapa, masih menunggu arahan,” kata Deden Deni, Rabu, (18/11/2020).

“Karena belum dipastiin yang di support dari Kementrian berapa, sisanya berapa, jadi belum pasti dan masih nunggu. Lebih jelasnya kita akan koordinasi dengan Dinkes Provinsi dan Menteri Kesehatan,” tambahnya.

Meski demikian, Deden menyebutkan bahwa seluruh warga Tangsel akan mendapatkan vaksin, hanya saja, akan ada yang diprioritaskan untuk tahap awal.

“Tahap awal tersebut dimulai dari tenaga kesehatan, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Satpol PP, Guru, beserta pengurus rumah ibadah,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Warman Syanuddin, menjelaskan bahwa anggaran untuk covid-19 berada di Dinkes Tangsel.

“Sekarang masih pembahasan Dinas dengan Banggar (Badan Anggaran), pokja-pokja, disitu baru nanti dilaporkan ke Banggar dan nanti dibahas oleh TAPD,” kata dia, sesuai rapat koordinasi dikantor DPRD Tangsel.

“Anggaran vaksinisasi sudah menjadi kebutuhan kota Tangsel. karena kan sebelumnya kedaruratan sekarang sudah menjadi program kegiatan belanja operasi di dinas-dinas,” pungkasnya.

Kendati demikian, Warman menyebut bahwa pembahasan anggaran vaksin harus sudah selesai pada akhir November ini.

“Jangka waktu pembahasan anggaran vaksinisasi jatuh pada November akhir harus ada ketok palu,” tandasnya.

back-to-top