Detail

Pengamat Dorong Bawaslu Tangsel Segara Ambil Sikap Soal KPPS Bagikan ‘Bingkisan’

Selasa, 8 Desember, 2020, 0:48 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulloh Jakarta, Ali Munhanif, menyatakan penyelenggara Pilkada harus segera membuka informasi seluas-luasnya soal pelanggaran, dan tahapannya, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Hal itu dikatakan Ali Munhanif menanggapi dipecatnya salah seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), setelah memberikan Formulir C6 yang disisipi bingkisan berisi poster salah satu pasangan calon (Paslon).

“Dengan membuka seluas-luasnya seluruh pelanggaran kepada masyarakat, disitu tugas penyelenggara dalam meningkatkan partisipasi, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerjanya,” kata Ali Munhanif, kepada wartawan, Senin, (7/12/2020).

Selain membuka seluruh informasi tahapan dan penyelenggaraannya, Bawaslu sebagai tim pengawas setiap kegiatan Pilkada, harus segera memberikan sikap, terhadap setiap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

“Segera bawaslu menyikapi setiap laporan, dan segera juga melakukan sanksi atau teguran kepada pelaksana yang melanggar. Saat ini, itu yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat,” tegas Ali.

“Penyelenggara harus membuka informasi, panggil wartawan bagaimana sanksinya, bagaimana prosesnya, untuk mengklarifikasi pelanggaran yang terjadi atau dilakukan oleh penyelenggara. Bawaslu dan KPU segera melebur, dan buka ke publik,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Serpong Utara (Serut) Ahmad Zaeni, membenarkan adanya pemberian bingkisan dari salah satu Paslon yang dilakukan oleh anggota KPPS, di wilayahnya.

Namun, kata Zaeni, pelaku mengaku tidak mengetahui bingkisan yang diberikan kepada warga berisi barang-barang bergambar salah satu kontestan Pilkada, lantaran pelaku hanya dititipkan oleh seorang warga saat membagikan formulir pencoblosan.

“Benar mas ada pembagian bingkisan yang dilakukan anggota KPPS saat membagikan formulir pencoblosan di wilayah Kelurahan Jelupang, Serut. Cuma pengakuan pelaku, dia engga tau isi bingkisannya apa, karena dititipin sama ibu RT buat dibagiin ke warga. Ada sepuluh bingkisan,” kata Zaeni

Kirim Tulisan

Kirimkan tanggapan anda dan komentar anda yang berkaitan dengan keluahan pelayanan publik dan konsumen
Kirimkan suara anda

Tag Popular

#Corona

#Gempa Bumi

#Bencana Alam

#Banjir

#PSBB DKI Jakarta