Detail

Pedagang ‘ogah’ Divaksin, Dinkes Tangsel: Tidak Ada Efek Samping

Thursday, 18 February, 2021, 1:36 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan segera melakukan vaksinasi covid-19 tahap kedua.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Deden Deni, mengatakan, vaksinasi tahap kedua akan dilakukan tergadap ASN, TNI, Polri, dan Pedagang pasar.

“Karena pedagang kan salah satu yang tingkat interaksinya tinggi,” kata Deden Deni.

Deden mengungkapkan, pihak Dinas Kesehatan Kota Tangsel akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terkait vaksinasi pedagang pasar.

“Nanti akan ada sosialisasi kepada masyarakat, seperti pedagang pasar tentunya. Nanti akan koordinasi juga ke Indag,” tuturnya.

“Yang jelas kemarin kan sempat ada kekhawatiran, namun kenyataannya tidak ada efek sampingnya,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dikabarkan akan melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap Pedagang pasar. Pemberian vaksin rencananya akan dilakukan pada akhir Februari atau Maret 2021.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Tangsel, dr Tulus Muladiono, mengatakan, Para pedagang di pasar menjadi prioritas kedua, lantaran tingginya interaksi yang dilakukan kepada masyarakat.

“Interaksi mereka (Pedagang-red) tinggi, kemudian mereka juga menjadi penjual kebutuhan pokok. Itu jadi prioritas bahwa yang harus dilakukan, terus pertemuan atau mobilisasi prioritas dari komunitas untuk bisa beratahan, satu sisi juga dia membantu kita yang membutuhkan bahan pokok,” kata Tulus di Puspemkot Tangsel, Senin (15/2/2021).

Tulus menuturkan, pihaknya lebih memfokuskan kepada pedagang yang berjualan di pasar tradisonal besar seperti, Ciputat, Jombang dan Serpong.

“Semua (pedagang), awalnya kita terfokus ke pedagang tradisional di pasar-pasar besar, seperti Ciputat, Jombang, dan lainnya. Tapi mungkin ke depannya nanti ada pelaku dari pasar modern,” ungkapnya.