Detail

Meski Bersifat Politis, Penetapan Direksi BUMD Tetap Kewenangan Pemerintah Kota

Jumat, 8 Oktober, 2021, 14:07 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah, tidak menampik jika penetapan jabatan di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terdapat unsur politik.

Trubus menjelaskan, hal itu dikarenakan Pemerintah Kota (Pemkot) merupakan pemegang saham tertinggi di BUMD. Sehingga, lanjutnya, Walikota dan Wakil Walikota bebas memilih siapa saja yang akan mengisi jabatan tersebut.

“Ini kan persoalan politik yah. Penetapan Direksi kan sifatnya musyawarah mufakat. Tapi, kalau BUMD itu, kekuasaan dan kebijakan Walikota kan. Itu hak dan kewenangannya ada di Walikota, meski sifatnya politis. Banyak kok yang begitu,” kata Trubus Rahardiansyah, ditulis Jumat, (8/10/2021).

Kendati demikian, Trubus menyebut, pemilihan Direksi pada BUMD Kota/Kabupaten harus dilihat dari kapasitas dan hasil kompetensi. Sebab, imbuhnya, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial budaya menjadi penting, dalam mengembangkan bisnis dalam BUMD itu sendiri.

“Kalau menurut saya, seorang direksi yang dibutuhkan adalah kapasitasnya, kompetensinya. Terutama kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial budaya, itu harus dimiliki. Tapi ya kembali lagi, itu semua kewenangannya ada di Walikota sebagai KPM pada sebuah BUMD,” ujar Trubus.

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS) resmi menetapkan Dian Yunita Dewi sebagai Direktur Keuangan baru PT PITS.

Penetapan Dian Yunita Dewi sebagai Direktur Keuangan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang diselenggarakan di Kantor PT PITS, Pamulang, Rabu, (30/9/2021).

Dian Yunita Dewi sendiri mengaku, bahwa menjadi Direktur Keuangan sebuah BUMD merupakan bidang baru baginya. Dian sapaan akrabnya, masih memerlukan bimbingan dari seluruh elemen masyarakat.

“Saya juga mungkin butuh banyak bimbingan senior-senior disini. Karena ini bidang yang baru, tapi saya yakin sih kalau dilihat potensi, seperti kualitas airnya lumayan bagus,” kata Dian kepada wartawan, ditulis Jumat 1 Oktober 2021.

“Sebelumnya saya sendiri berpengalaman bergerak di bidang spectrum khusus Pilkada, untuk di bagian keuangan juga tidak baru. Sebelumnya pernah di percetakan,” terangnya.