Senin, 21 Sep 2020 | WIB

Lebih Pilih Bayar Retribusi, KAWALI Anggap Pemkot Tangsel Belum Miliki Konsep Urus Sampah

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 28 Mei 2020, 20:07 WIB
MCMNEWS.ID | Ketua Umum Koalisi Kawali Indonesia Lestari, Puput TD Putra. (Dok : Andre)

MCMNEWS.ID – Ketua Umum Koalisi Kawali Indonesia Lestari, Puput TD Putra, angkat bicara menyoal pernyataan Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tentang memilih membayar retribusi kepada Kabupaten Bogor dalam membuang sampah.

Menurutnya, pemilihan membayar retribusi kepada Kabupaten Bogor hanya akan menambah masalah baru. Dikatakan Putra, hal itu membuktikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel belum memiliki konsep yang benar dalam mengelola sampah.

“Jika membayar retribusi, masalahnya adalah soal pendistribusian sampahnya,” kata Putra saat diwawancara, Kamis, (28/5/2020).

“Jadi menurut saya, seharusnya Pemkot mampu memiliki ruang untuk untuk mengelola sampahnya sendiri,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Yepi Suherman, menyatakan dibanding membebaskan lahan guna memperluas Cipeucang, pihaknya memilih untuk membayar retribusi kepada Kabupaten Bogor.

Menurutnya, memperluas Cipeucang tidak akan memberikan solusi bagi kuantitas sampah di Kota Tangsel.

“Mending kita bayar retribusi ke Kabupaten Bogor, jadi kita bisa ikut buang sampah ke Nambo. Karena prinsipnya, Cipeucang sudah tidak memadai untuk menampung sampah. Jadi lebih baik bayar retribusi,” ujar Yepi saat ditemui di Kantor DLH Kota Tangsel, Rabu, (27/5/2020).

back-to-top