Detail

KPU dan Bawaslu RI Hormati Langkah Tim Muhamad-Saraswati Yang Akan Menggugat ke MK

Minggu, 20 Desember, 2020, 20:26 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Tim Pemenangan Muhamad-Saraswati dikabarkan akan menempuh jalur hukum terkait kejanggalan yang ditemukan pada proses Pilkada Kota Tangsel 2020.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU RI, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, mengatakan, menghormati langkah calon kepala daerah yang ingin melakukan gugatan terkait penetapan hasil rekapitulasi suara ke Mahkamah Konsititusi (MK).

“Pada prinsip KPU menghormati upaya hukum yang dilakukan oleh para perserta karena itu juga memang sudah diaturan peraturan KPU nomor 5 tahun 2020,” kata Dewa, ditulis, Minggu, (20/12/2020).

Dewa berharap, agar sengketa hasil perselisihan Pilkada di MK nantinya dapat berlangsung dengan baik sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Itu sebagai pertanggung jawaban kami sepanjang seusai ketentuan dan mekanisme hukum yang berlaku. KPU siap bertanggung jawab dalam hal ini akan menyiapkan data, supervisi kepada perwakilan kami di daerah,” tegas Dewa.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu RI, Rahmat Badja, meminta setiap peserta pilkada Tangsel dapat melaporkan kepada pihaknya di daerah jika memang ada dugaan kecurangan.

“Kalau kecurangan di luar tps atau bagaimana itu harus ada laporan ke bawaslu atau mungkin sudah diperiksa oleh bawaslu tapi masih proses nah kita tunggu saja teman-teman bawaslu Tangsel bekerja,” kata Bagja.

Bagja memastikan, akan melakukan monitoring dan supervisi langsung kepada Bawaslu Tangsel terkait dengan dugaan kecurangan.

“Pasti kami akan supervisi karena ini perhatian nasional,” tandas Bagja.