Senin, 26 Okt 2020 | WIB

Kerjasama Dengan Gojek, Disdukcapil Minta Ada Fitur Khusus Pengiriman Berkas Adminduk

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 09 Juli 2020, 8:28 WIB
MCMNEWS.ID | Foto. Dok. Andre

MCMNEWS.ID – Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerja sama dengan perusahaan Start Up ternama Gojek.

Kerjasama dilakukan dalam rangka mempermudah pengiriman berkas administrasi kependudukan (adminduk).

“Kami punya rencana untuk supaya warga tidak perlu datang ke kantor, terkait dengan implentasi permendagri 109, dimana dokumen adminduk yang dimohon bisa dicetak dirumah, maka persyaratannya cukup dikirim dengan ojol, utamanya seperti SKL SKM yang asli juga KK yang asli,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, Rabu, (8/7/2020).

Dedi mengungkapkan, meski sudah ada fitur Gosed, namun pihaknya diminta untuk dibuatkan fitur khusus untuk mengirim dokumen adminduk.

“Untuk itu kami akan bekerja sama dengan Gojek, walau sudah ada aplikasi Gosend, kami minta dibuatkan aplikasi khusus Godok (Go Dokumen) atau Goduk (GO dokumen adminduk),” ungkapnya.

“Inovasi ini bukan sebuah keharusan tapi sebuah pilihan karena ada opsi lain, misal mau kolektif jika tidak urgent maksimal 14 hari selesai atau mau buru-buru silakan antar sendiri tidak harus pake ojol,” tambahnya.

Dedi melanjutkan, trobosan itu juga berlaku untuk masyarakat yang ingin mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

“Ini juga berlaku untuk pengurusan ganti KTP Elektronik, antar KTP Elektronik Asli yang rusak atau Keterangan hilang dari Polisi, maka warga punya dua pilihan, KTP Elektronil baru dapat dikirim oleh ojol (ojek online) kerumah atau ambil di Kelurahan,” ujarnya.

“Semua ini cocok saat pandemi Corona, jadi warga aman tetap dirumah tanpa harus datang dokumen, jadi begitu juga untuk pegawai kami, tanpa harus berhadapan, aman bisa kerjakan dokumennya dan tidak perlu khawatir,” tandasnya.

back-to-top