Kamis, 1 Okt 2020 | WIB

Kerja Golkar Sukseskan Kemenangan Jokowi di Tangsel Mungkinkah Terbalas Dalam Pilkada 2020?

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 16 Juli 2020, 9:32 WIB
MCMNEWS.ID | Ilustrasi

MCMNEWS.ID – Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Usni Hasanudin, mengatakan, kemenangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019 lalu di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tidak terlepas karena adanya hasil kerja mesin politik Partai Golkar.

Usni menyebut, Airin Rachmi Diany yang juga merupakan kader Partai Golkar dinilai memiliki pengaruh dalam memenangkan pasangan tersebut, dikatakan Usni, sudah sepantasnya mendapatkan ‘balasan budi’.

“Iya (sepantasnya mendapatkan ‘balas budi’) betul. Contohnya Jokowi bisa menang di Tangsel itu kan, kerja mesinnya Golkar dan PDI Perjuangan. Jadi kalau berkoalisi, harus diperhitungkan juga,” kata Usni, dalam keterangan yang diterima Mcmnews.id, Kamis, (16/7/2020).

Jika PDI Perjuangan berkoalisi dengan Golkar yang mengusung Benyamin-Pilar dalam kontestasi Pilkada Tangsel pada Desember 2020 mendatang, menurutnya tentu akan menjadi cerita yang berbeda, hal itu lantaran koalisi tersebut sudah dipastikan menang, seperti yang terjadi saat partai berlambang banteng tersebut berkoalisi untuk kemenangan Airin-Benyamin di Pilkada 2010 lalu.

“Keduanya kan partai besar. Punya mesin politik yang besar pula. Jika keduanya bertemu, sudah pasti menang. Jadi koalisi ini akan menang mudah. Patut diperhitungkan juga. Politik itu kan bicara kepentingan,” kata Usni.

“Politik itu kan dinamis. Semua bisa berubah, tinggal bagaimana saling memenuhi kepentingan para elit politik tersebut. Jika ingin menang telak, ya pas jika Golkar bersanding dengan PDI Perjuangan,” tandasnya.

Seperti diketahui, saat ini PDI Perjuangan merekomendasikan pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati dalam Pilkada Tangsel.

back-to-top