Detail

Keluhkan Pendapatan, DPRD Tangsel Minta Disperindag Berikan Stimulus Untuk Pedagang Pasar Ciputat

Thursday, 11 March, 2021, 14:17 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Proses relokasi pedagang dari Pasar Ciputat ke Plaza Ciputat dikabarkan menelan biaya double.

Hal itu lantaran biaya sewa tempat di Plaza Ciputat yang sebelumnya telah dibayarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), tetapi para pedagang diharuskan membayar juga.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wawan Syakir, mengatakan, menurutnya, biaya yang diharus dikeluarkan oleh para pedagang adalah biaya listrik dan keamanan.

“Kan gini Pemkot itu membayar sewa tempat di plaza ciputat sebesar 1 miliar, sesuai yang disampaikan oleh Indag, tapi kan listrik dan lainnya harus bayar. Mungkin itu yang ditarik,” kata Wawan Syakir, ketika dikonfirmasi, ditulis Kamis, (11/3/2021).

“Ketika direlokasi itu ditanggung oleh pemerintah 1 miliar, tapi kalau listrik ya wajar kalau bayar,” lanjutnya.

Wawan pun mengakui, bahwa hingga kini, DPRD Kota Tangsel belum menerima Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkot Tangsel dengan Pengelola Plaza Ciputat.

“Secara teknis tentunya kita tidak mengetahui betul, tetapi secara prinsipil pernah kita tanyakan kemana relokasi ini,” tuturnya.

Politisi Partai Demokrat itupun menjelaskan, bahwa DPRD Kota Tangsel telah memberikan dua usul kepada Pemkot, yakni percepatan pembangunan tahap 2 dan pengoptimalan gedung yang telah selesai dibangun.

“Ada dua strategi yang saya usulkan kepada pemkot, satu percepatan gedung bangunan ditahap 2, yang kedua pengoptimalan gedung B yang sudah selesai bisa tidak digunakan secapat mungkin,” ungkapnya.

“Kedua, dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), ada stimulus apa yang bisa membuat para pedagang direlokasi agar pendapatannya meningkat. Begitu pun yang saya dorong dan saya tanyakan ke Disperindag,” tandasnya.