Detail

Kejari Resmi Tahan Ketua KONI Tangsel Terkait Kasus Korupsi Dana Hibah

Kamis, 10 Juni, 2021, 14:30 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), resmi menahan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangsel RJ.

RJ diduga terlibat dalam korupsi dana hibah KONI Tangsel dengan total kerugian negara ditaksir mencapai Rp.1,1 Miliar.

Kepala Kejari Kota Tangsel, Aliansyah, mengatakan, penahanan terhadap RJ merupakan pengembangan terhadap keterangan Bandahara KONI Tangsel SHR yang telah tahan terlebih dahulu beberapa waktu lalu.

“Ya ini hasil pengembangan keterangan dari tersangka SHR yang telah ditahan beberapa waktu lalu. Hari ini, kita menahan Ketua KONI berinisial RJ, untuk dibawa ke Rutan Wanita di Kota Tangerang,” kata Aliansyah, saat menggelar press conference, di kantor Kejari Tangsel, Kamis, (10/6/2021).

Aliansyah mengungkapkan, penahanan terhadap RJ, merupakan langkah mengantisipasi hilangnya alat bukti yang tengah ditelusuri oleh Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tangsel.

“Penahanan ini, upaya kita untuk mengantisipasi hilangnya alat bukti yang tengah diperiksa. Jadi penahanan ini pengembangan keterangan tersangka sebelumnya,” ungkap Aliansyah.

Tersangka diduga melanggar pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 juncto pasal 18 undang-undang nomor 31 tahun 1999, Sebagaimana telah diubah juncto 55 ayat 1 KUHP pasal 3 pasal 2 atau pasal 3 juncto pasal 18 undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi ,sebagaimana diubah dan ditambah dengan undang-undang RI nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sebagai informasi, sebelumnya Kejari Tangsel telah menahan Bendahara KONI Tangsel, SHR beberapa waktu lalu. SHR sendiri telah dibawa dan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) serang.