Kamis, 29 Okt 2020 | WIB

Kampanye Ditengah Pandemi, Putri Wapres: Ujian Bagi Para Calon Pemimpin

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 18 September 2020, 15:55 WIB
MCMNEWS.ID | Siti Nur Azizah (Dok: Istimewa)

MCMNEWS.ID – Bakal calon Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Siti Nur Azizah menyebut, pelaksanaan kampanye dalam kontestasi Pilkada pada tahun 2020 ini menjadi tantangan baru.

Dikatakan Azizah, hal itu lantaran pelaksanaan untuk kampanye Pilkada dijalankan ditengah pandemi Covid-19.

Wanita yang juga merupakan Putri Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, itupun menjelaskan, dalam sebuah proses Pilkada kampanye yang paling efektif adalah konvensional campaign

Lanjut Azizah, karena dalam konvensional campaign, terdapat kemistri dalam membangun harapan-harapan baru masyarakat. Tapi memang bukannya sulit tapi kurang efektif jika tidak melibatkan masyarakat.

“Karena bicara kondisi Covid-19 ini, menurut saya ujian bagi para calon pemimpin dalam untuk menunjukkan konsistensi pada logika konstitusi kita tadi,” kata Azizah, dalam keterangan yang diterima Mcmnews.id, Jumat, (18/9/2020).

“Konstitusi mengedepankan melindungi segenap rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah. Artinya konteks melindungi masyarakat dari Covid-19 itu menjadi tujuan utama. Sebelum bicara memajukan bangsa. Bagaimana kita mengutamakan keselamatan masyarakat dari Covid-19,” lanjutnya.

Azizah mengatakan, sebagai salah satu bakal calon kepala daerah, dirinya sangat mendukung apapun kebijakan yang mendahulukan perlindungan terhadap warga.

“Saya kira kampanye yang melibatkan massa dalam jumlah besar kami tidak sepakat. Karena kami mengutamakan keselamatan (masyarakat, red),” ungkapnya.

“Namun regulasi tidak ekplisit, artinya melarang untuk dalam melibatkan massa. Hanya membatasi 50 dan 100. Mekanisme ini yang harus menjadi perhatian kita semua,” tandasnya.

back-to-top