Senin, 26 Okt 2020 | WIB

Jelang Idul Adha, DKP3 Kota Tangsel Pastikan Kelayakan Dan Kesehatan Hewan Yang Di Perjualbelikan

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 07 Juli 2020, 15:18 WIB
MCMNEWS.ID | dok. andre

MCMNEWS.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melakukan pengecekan kesehatan hewan qurban menjelang hari raya Idul Adha.

Kepala Seksi Peternakan DKP3 Kota Tangsel, Sandra Larasati, mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada setiap hewan qurban yang ada di lapak-lapak pedagang.

“Ya, (akan) ada pemeriksaan kesehatan hewan qurban ke lapak-lapak. Juga pemeriksaan ke penjualnya, diharapkan (mereka) sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Sandra, ketika dikonfirmasi, Selasa, (7/7/2020).

“Ada tim dari Dinas untuk melakukan pemeriksaannya. (yang bertugas) Ke lapak dan kandang,” tambahnya.

Tak hanya itu, Sandra mengungkapkan, hewan yang telah dinyatakan sehat akan mendapatkan surat keterangan dari Dinas Ketahanan Pangan, Petanian, dan Perikanan.

“Dari kami akan ada surat keterangan kesehatan hewan dari kita,” ungkapnya.

Selain memastikan peternak menjual hewan qurban yang sehat, dikatakan Sandra, para pembeli juga harus mengetahui ciri-ciri hewan yang dinyatakan sehat serta memenuhi syarat hewan untuk qurban.

“Syarat pokok hewan qurban adalah sehat, tidak cacat, tidak kurus, dan cukup umur,” jelasnya.

“Adapun ciri-ciri hewan sehat yaitu aktif bergerak, saling menaiki, nafsu makan baik, rambut atau bulu tidak kusam, cermin hidung basah, mata bersinar, mulut, hidung serta anus bersih,” tandasnnya.

back-to-top