Minggu, 6 Des 2020 | WIB

Hasil Survei Indikator: Muhamad-Saraswati Unggul Dalam Semua Simulasi

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 17 November 2020, 15:23 WIB
MCMNEWS.ID | Hasil Survei Lembaga Survei Indikator menggunakan simulasi foto paslon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel. Dok: Tangkapan layar pada hasil survei.

MCMNEWS.ID – Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru pada perhelatan Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Dalam survei tersebut, pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut satu, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo unggul dari dua kandidat lainnya.

Direktur Lembaga Survei Indikator, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan pihaknya menggunakan tiga simulasi dalam mendapatkan jawaban responden dalam memberikan pilihan.

Tiga simulasi tersebut diantaranya adalah Top Of Mind, pilihan kepada calon Walikota yaitu simulasi semi terbuka, serta simulasi tiga pasangan dengan menggunakan foto pasangan calon.

“Untuk top of mind calon Walikota Muhamad unggul dengan angka 22,6%, diikuti Benyamin Davnie dengan angka 19,0%, sedangkan Siti Nur Azizah dengan perolehan angka 7,3,” kata Burhanudin, dalam rilis hasil survei melalui zoom, Selasa, (17/11/2020).

“Dalam simulasi semi terbuka pak Muhamad unggul tipis dengan angka 34,5%, pak Benyamin Davnie diangka 31,8%, sedangkan ibu Siti Nur Azizah mendapatkan angka 12,1%,” lanjutnya.

Sementara ketika menggunakan simulasi dengan menampilkan foto dari masing-masing pasangan. Dalam hasil survei tersebut juga mendapati pasangan calon nomor urut satu unggul walau hanya berbeda sedikit.

“Pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati 38,6%, Siti Nur Azizah-Ruhamaben 16,4%, dan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan 33,2%,” jelasnya.

Sekedar informasi, populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia di Kota Tangsel yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih yang tersebar diseluruh Kecamatan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 820 orang dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 3,5%. Survei sendiri dilakukan pada 28 Oktober 2020 hingga 3 November 2020.

back-to-top