Detail

Geledah Kantor KONI Tangsel, Kejari Kantongi Alat Bukti Dugaan Penyalahgunaan Dana Hibah

Jumat, 9 April, 2021, 10:16 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dikabarkan telah mengantongi nama-nama pengurus dan staf terkait penyalahgunaan dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Kepala seksi (Kasie) Intelijen Kejari Kota Tangsel, Ryan Anugrah, mengatakan, pihaknya telah melakukan penggeledahan di Kantor KONI Kota Tangsel, Jl. Permai VI blok AX7 No. 19. Pamulang.

Ryan menjelaskan bahwa kegiatan penggeledahan oleh tim penyidik yang disaksikan oleh petugas keamanan dan pengurus Koni berhasil menyita dokumen dan alat bukti lainnya.

“Kita mendapatkan bukti dokumen terkait dana hibah yang dikelola Koni Kota tangsel sebanyak kurang lebih 130 eksemplar dokumen mulai dr SPJ, Kwitansi, bukti bayar, dan 1 (satu) unit komputer,” kata Ryan, dalam konfrensi pers, ditulis Jumat, (9/4/2021).

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Seksi (Kasie) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tangsel, Ate Quesyini Ilyas, menyatakan penyalahgunaan dana hibah 2019 itu diduga dipakai untuk 19 kegiatan.

Diantaranya adalah dugaan tiga perjalanan dinas fiktif yang dilakukan KONI ke wilayah Jawa Barat 1, Jawa Barat 2 dan ke Batam Kepulauan Riau.

“19 kegiatan perjalanan dinas (diduga fiktif ada, red) 3. Jawa Barat 1, Jawa Barat 2, dan luar daetah yaitu Batam,” jelasnya, kepada wartawan, Kamis, (8/4/2021).

Ate katakan saat ini pihaknya masih menggali siapa saja yang terlibat dalam penyalahgunaan dana hibah tahun 2019 senilai Rp7,8 miliar itu.

Kendati demikian, pihaknya saat ini juga sudah mengantongi beberapa yang terlibat dalam penyalahgunaan dana hibah itu.

“Intinya ini kita masih mencari alat bukti, tapi harus inisial ya, jabatannya pengurus KONI dan Staff KONI, Cabor malah gak ada,” tandasnya.