Detail

Disperindag Tangsel Jelaskan Pentingnya UTTP Bagi Pedagang

Senin, 1 Maret, 2021, 19:01 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Pelayanan Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dalam setiap transaksi dinilai sangat penting.

Demikian disebutkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Maya Mardiana, Senin, (1/3/2021).

“Di Bidang Perdagangan, kami ada pelayanan UTTP. Kalau dari Provinsi dan Pusat, bicaranya adalah Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN). Bagaimana berniaga yang tertib, sehingga konsumen terlindungi. Nah, dalam pelayanan UTTP, pedagang harus memberikan pelayanan takaran dan timbangan yang pas, agar konsumen tidak dirugikan,” kata Maya Mardiana.

Maya mengungkapkan, pihaknya selalu memberikan akses pelayanan terhadap pedagang, yang ingin alat ukur dan timbangannya untuk di tera ulang.

“Selanjutnya kami memberi akses kepada pedagang agar dapat menghasilkan UTTP yang benar dan baik. Caranya harus di tera dan tera ulang, harus diukur ulang secara kalibrasi, apakah timbangan itu masih baik atau tidak. Ini merupakan nilai tambah untuk pedagang yang telah ditera dan tera ulang. Karena, bisa dipastikan takaran dan timbangannya telah diperiksa oleh analisis pejabat tera,” ungkap Maya.

Di beberapa pasar, Maya mengungkapkan, telah dilakukan tera dan tera ulang. Bahkan, imbuhnya, di Pasar Modern BSD, Serpong, telah diberikan bantuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) satu alat timbang.

“Di Pasar Modern itu ada bantuan dari Kemendag alat timbangan. Jadi, kalau konsumen yang telah membeli dagangan, masih ragu terhadap timbangan pedagang, disana ada alat timbang. Jadi bisa nimbang ulang. Bener ngga timbangannya. Misalnya, beli dari pedagang satu kilo, timbang ulang aja, betul ngga satu kilo. Nah, pelayanan UTTP itu fungsinya itu, untuk melindungi hak konsumen,” tegas Maya.

“Pedagang wajib melakukan tera dan tera ulang. Tugas Kita memberikan akses untuk melakukan pemeriksaan tersebut. kepada pedagang. Kita lakukan secara rutin pemeriksaan ke pasar pasar. Nah, masyarakat harus tau, timbangan yang sudah ditera dan tera ulang. Di beberapa pasar juga sudah ada UTTP,” pungkasnya.