Detail

Demi Menunjang Produktifitas Pelaku Usaha, Berikut Sederet Fasilitas Gedung Galeri Koperasi dan UMKM Tangsel

Minggu, 19 September, 2021, 17:47 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Kepala Bidang Pembangunan Sarana dan Prasarana Non Perkantoran pada Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Ferdaus, mengungkapkan fasilitas-fasilitas yang disediakan di Gedung Galeri Koperasi dan UMKM.

Dibangun diatas lahan 2400 meter persegi, kata Ferdaus, Gedung Galeri Koperasi dan UMKM dilengkapi dengan fasilitas ruang pelatihan memasak dan kuliner, hingga ruang pelatihan fashion, konveksi, hingga kriya batik.

“Kami membangun Gedung Galeri Koperasi dan UMKM itu tahun 2019 hingga 2020. Gedung tersebut dibangun diatas lahan 2400 m2. Terdiri dari delapan lantai, masing-masing lantai seluas kurang lebih 600 m2. Didalamnya ada fasilitas ruang pameran, ruang pelatihan memasak, sampai kepada pelatihan konveksi,” ungkap Ferdaus dalam rilis yang diterima, Selasa 14 September 2021.

Selain ruang pameran, ruang pelatihan memasak dan konveksi, kami juga memberikan ruang pelatihan musik dan ruang theater. Kami juga melengkapi ruang parkir kendaraan bermotor di bagian basement. Bahkan, nantinya pengunjung juga disiapkan tempat food court,” tambahnya.

Ferdaus menyatakan, hingga kini gedung tersebut masih dalam tahap pemenuhan fasilitas interior. Sehingga nantinya, imbuhnya, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel sebagai dinas teknis pengguna, mendapatkan gedung yang siap pakai, dan lengkap fasilitas bagi para pelaku usaha.

“Belum diserahkan ke Dinas Koperasi karena masih ada pekerjaan interior. Untuk pembagian UMKM yang akan menempati gedung tersebut, kewenangannya oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Gedung tersebut dibangun sesuai dengan standar nasional. Untuk kapasitas pelaku UMKM nya, sesuai zona ruang yang akan disusun oleh Dinas Koperasi dan UMKM,” tegas Ferdaus.

Gedung Galeri Koperasi dan UMKM itu berkapasitas kurang lebihnya 200 sampai 300 pengunjung. Nantinya ada ruang rapat juga untuk dinas atau para pelaku usaha. Mungkin bisa saja ini (Gedung Galeri Koperasi dan UMKM) merupakan termegah, tapi saya kurang tahu juga. Mungkin kota/kabupaten lain juga punya, tapi mungkin tidak terpublikasi,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel Ade Suprizal menyatakan, pihaknya akan segera menyerahkan bangunan tersebut, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku usaha di Kota Tangsel.

Terlebih, dengan terpusatnya ruang-ruang pameran produk para UMKM-UMKM di Tangsel, diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi ditengah pandemi.

“Segera akan kami selesaikan penataan interiornya. Jadi semoga gedung ini (Gedung Galeri Koperasi dan UMKM), dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Tangsel. Dengan terpusatnya produk-produk pelaku UMKM selain di Pasar Gintung, semoga dapat membantu pemulihan ekonomi di sektor UMKM di Kota Tangsel,” pungkas Ade Suprizal.

ADV