Rabu, 21 Okt 2020 | WIB

Demi Menjaga Kelanjutan Kepemimpinan Daerah, Ketua DPRD Tangsel: Pilkada Harus Tetap Berjalan

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 21 September 2020, 15:47 WIB
MCMNEWS.ID | Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan, Abdul Rosyid. (Dok: Andre)

MCMNEWS.ID – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak harus tetap berjalan, dengan catatan penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat membuat tata pemilihan kepala daerah di masa pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rasyid, dalam keterangan yang diterima Mcmnews.id, Senin, (21/9/2020).

“Pada prinsipnya keputusan Pilkada ada ditangan penyelenggara Pemilu di tingkat pusat dan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemendagri,” katanya.

“Akan tetapi menurut saya, Pilkada harus tetap berjalan karena hal itu untuk menjaga ketersambungan kepemimpinan pemerintah daerah,” lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Ocil itupun jelaskan, KPU Kota Tangsel harus membuat semacam protokol dan panduan bagi masyarakat tentang tata cara pemilihan kepala daerah di masa pandemic Covid-19.

“Kemudian panduan tersebut harus disosialisasikan kepada masyarakat secara massif dan sistematis,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengatakan, bahwa tidak akan menunda pelaksanaan Pilkada yang rencananya akam diselenggarakan 9 Desember 2020 mendatang.

“Tahapan Pilkada tidak (penundaan), kan data bisa dilihat sekarang ada penurunan. Malah setiap hari berbeda. Dari data yang di informasikan tanggal 11 itu sudah penurunan,” kata Airin Rachmi Diany, beberapa waktu lalu, Rabu (16/9/2020).

“Tapi sebelumnya ada peningkatan, setiap hari pasti berubah. Makanya kebijakan di Tangsel tidak mungkin berdasarkan harian, mingguan berdasarkan dua mingguan,” tandasnya.

back-to-top