Detail

BNNK Tangsel Pastikan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba Gratis

Monday, 12 April, 2021, 20:19 WIB
Penulis: Andre Pradana

MCMNEWS.ID – Kepala BNN Kota Tangerang Selatan (Tangsel), AKBP Renny Puspita, memastikan proses rehabilitasi bagi pengguna narkoba di BNN tidak memakan biaya alias gratis.

Renny mengatakan, proses rehabilitasi bagi pengguna narkoba gratis lantaran seluruh pembiayaan ditanggung oleh negara.

“Jadi proses rehabilitasi di BNN itu tidak di pungut biaya sama sekali. Kita tidak pernah memungut biaya satu persen pun buat masyarakat yang memang benar-benar ingin direhabilitasi,” kata Renny, kepada Mcmnews.id, Senin, (12/4/2021).

Sementara itu, Dr Edy Kurniawan, Penanggung jawab klinik prtama BNN Kota Tangsel, menjelaskan, proses rehabilitasi terbagi menjadi dua, yakni rawat jalan dan rawat inap.

Edy menjelaskan, untuk proses rehabilitasi bagi pengguna narkoba di BNN Kota Tangsel berbeda-beda penanganannya.

“Proses rehabilitasi tentunya dimulai dari proses pemeriksaan awal atau yang kita sebut assesment, sebelum assesment ada screening, dari screening kita lihat nih resikonya rendah sedang atau tinggi,” jelas Edy.

“Untuk yang resiko rendah atau sedang, kita lakukan intervensi singkat, sementara yang resiko tinggi kita akan lakukan assesment, dari assessment kita akan dapatkan hasil apakah dia memerlukan rehabilitasi rawat jalan atau rehabilitasi rawat inap,” tambahnya.

Edy menyebut, proses rehabilitasi bagi pengguna narkoba resiko tinggi akan dilakukan selama 6 bulan di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional, di Lido, Sukabumi.

“Rawat inap (dilakukan) di Lido, kita lakukan selama 6 bulan. Kalau rawat jalan itu ada 8 sampai 12 sesi ,tergantung keperluan kliennya,” tuturnya.

Edy pun menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut mendatangi BNN untuk melakukan rehabilitasi.

“Kalau apabila memang ada kecurigaan, (walaupun) baru kecurigaan, jangan ragu-ragu silahkan datang ke BNN ,tidak usah takut, kita tidak akan mengkriminalisasi ,” tegas Edy.