Sabtu, 26 Sep 2020 | WIB

Bersama Komunitas, FSPT Ajak Masyarakat Buat Gerakan PHBS Saat Pandemi Covid-19

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 17 Juni 2020, 19:09 WIB
MCMNEWS.ID | Forum Silaturahmi Putra Tangerang (FSPT) bersama komunitas sepeda Go Bike

MCMNEWS.ID – Forum Silaturahmi Putra Tangerang (FSPT) bersama komunitas sepeda Go Bike mengajak masyarakat melakukan gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam menjalani aktivitas ditengah pandemi Covid-19, hal itu ditambah dengan kembali diperpanjangnya pelaksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya.

Ketua FSPT, Karyadi, mengungkapkan, saat ini pihaknya terus pendataan berkaitan dengan permasalahan kesehatan dan sosial di desa Jeunjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 bulan setengah tersebut, sudah dimulai pada awal Juni 2020, diawali dengan pendataan berkaitan dengan permasalahan kesehatan dan sosial di wilayah desa Jeunjing, kemudian akan dilaksanakan kegiatan berupa preventif, kuratif dan promotif,” kata Karyadi, Selasa, (16/6/2020).

“Kegiatan yang utama adalah penyuluhan pada masyarakat yang berisiko dan yang sudah sakit, pengobatan umum, screening terhadap penyakit yang lajim terjadi, sunatan masal, dan perbaikan sarana sanitasi seperti wc dan pengadaan tempat cuci tangan,” tambahnya.

Karyadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang akan rutin dilaksanakan di wilayah Tangerang. Dikatakan Karyadi, hal dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan, perbaikan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM masyarakat Tangerang, terutama saat situasi pandemi covid-19.

Sementara itu, ketua komunitas sepeda Go Bike, Dea, mengungkapkan, menurutnya masyarakat yang sehat adalah kunci dalam melawan Covid-19.

“Masyarakat yang sehat adalah kunci utama dalam pembangunan dan melawan penyebaran wabah virus, solusinya terutama dalam kegiatan berolah raga dan menjaga kebersihan diri, yang kami galakan melalui komunitas sepeda.” katanya.

Sekedar informasi, dalam kegiatan tersebut, selain komunitas sepeda Go Bike, terdapat banyak komunitas lain yang juga terlibat seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ambulance Gawat Darurat 118, PARC-19, dan PSIK UIN Jakarta.

back-to-top