Rabu, 30 Sep 2020 | WIB

Belum Nyatakan Dukungan, Muncul Kemungkinan Terbentuk Poros Keempat Koalisi PSI-PAN-PKB Dalam Pilkada Tangsel

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 29 Juli 2020, 22:29 WIB
MCMNEWS.ID | (Dok: Ilustrasi)

MCMNEWS.ID – Meski sedikitnya telah terdapat tiga bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel, namun tidak menutup kemungkinan bertambah satu pasangan lagi menjadi empat pasangan calon.

Hal itu lantaran, berdasarkan jumlah partai yang kini menduduki kursi di DPRD Kota Tangsel, masih terdapat tiga Partai yang belum menyatakan dukungan.

Ketiga partai tersebut diantaranya adalah PSI yang memiliki 4 kursi, PKB yang memiliki 4 kursi, dan PAN yang memiliki 2 kursi.

Direktur Eksekutif Banten Care Institute (BCI), Heriyono Nayottama, mengatakan, agar menjadi koalisi, ketiga partai tersebut hanya perlu berkomunikasi. Secara jumlah kursi, dikatakan Heri, ketiga partai tersebut sudah mampu mengusung pasangan.

“Saat ini PSI, PKB, PAN belum mengeluarkan rekomendasi. Jumlah kursi mereka di DPRD Tangsel melebihi batas pencalonan yakni 10 kursi. Tinggal bagaimana ketiga partai ini meningkatkan komunikasi agar mencari sosok ideal yang akan diusung menjadi Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota,” katanya, Rabu, (29/7/2020).

“Bisa nama internal, ketiga parpol kan punya kader mumpuni, atau bisa juga menggandeng nama yang sebelumnya beredar,” lanjutnya.

Heri mengungkapkan, menurutnya, Pilkada Tangsel semakin menarik untuk disimak. Hal itu lantaran dalam Pilkada Tangsel dipenuhi dengan ‘bintang’.

“Yang harus digaris bawahi, semakin banyak calon, semakin bagus untuk warga Tangsel. Masyarakat akan memiliki banyak pilihan. Sementara untuk demokrasi, juga akan baik karena parpol akan jualan visi misi,” lanjutnya.

Seperti diketahui, dalam kontestasi Pilkada Kota Tangsel 2020 sudah terdapat tiga bakal pasangan calon yang masing-masing sudah mengantongi surat rekomendasi dari partai.

Benyamin Davnie yang merupakan Wakil Walikota yang berpasangan dengan Pilar Saga Ichsan. Pasangan ini didukung oleh Golkar-PPP.

Selanjutnya Sekda Kota Tangsel, yakni Muhamad yang berpasangan dengan keponakan Prabowo Subianto, yakni Rahayu Saraswati. Pasangan ini didukung PDIP dan Gerindra. Serta yang ketiga adalah putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah yang dikabarkan berpasangan dengan RuhamaBen, mereka disebut-sebut akan didukung oleh Demokrat dan PKS.

back-to-top