Minggu, 29 Nov 2020 | WIB

Belum Dikelola Maksimal, MUSA Berniat Jadikan Situ-Situ di Kota Tangsel Sebagai Destinasi Ekowisata

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 25 Oktober 2020, 19:50 WIB
MCMNEWS.ID | Pasangan Calon No Urut 1 Muhamad-Saraswati dalam Pilwalkot Tangsel 2020. (Dok: Andre)

MCMNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai belum maksimal mengelola sumber daya dan potensi kota nya. Misalnya saja situ-situ di Kota Tangsel yang hingga saat ini belum dikelola secara maksimal sehingga manfaatnya belum bisa dirasakan oleh masyarakat.

Menanggapi hal itu, calon Wakil Walikota Tangsel, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyebut, jika terpilih, dirinya akan menata situ-situ di Kota Tangsel sehingga menjadi tempat eco wisata bagi masyarakat Tangsel.

Dikatakan Saraswati, meski saat ini situ-situ di Tangsel berada dibawah pengelolaan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), dirinya akan mengajukan kerjasama demi merealisasikan programnya tersebu.

“Ya kita memang harus mengajukan untuk adanya kerjasama ke PUPR, karena setau kami sampai saat ini situ-situ itu masih dibawah pengelolaan PUPR,” kata Saraswati ketika diwawancarai usai melakukan sosialisasi, dibilangan Alam Sutera, Minggu, (25/10/2020).

“Mudah-mudahan dinas-dinas di PUPR itu bisa melihat bagaimana kami siap untuk mengelola, untuk menjadikan situ-situ itu menjadi tempat destinasi ekowisata baru,” lanjutnya.

Saraswati pun mencontohkan keberhasilan Kota Surabaya yang mampu membuat destinasi ekowisata bagi warganya. Menurutnya, dengan pengelolaan yang baik, Kota Tangsel disebut juga bisa melakukan hal serupa.

“Seperti di Surabaya luar biasa itu, maksudnya dari segi pengelolaannya. Dibersihkan dulu, lalu dipastikan bahwa disamping-sampingnya ada jalur track lari dan olahraga lainnya,” jelasnya.

“Bisa jadi ada perahu-perahu untuk wisata keluarga, atau kalau (situ) panjang dan luas juga bisa digunakan untuk olahraga istilahnya rowing competition,” tambahnya.

Tak hanya itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itupun mengungkapkan, bahwa ekowisata juga bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Namun tentu saja dengan penataan yang rapih dan bersih.

“Untuk sekelilingnya bisa dimanfaatkan untuk para UMKm terutama kuliner-kuliner, tapi harus tertata rapih dan bersih agar masyarakat bisa hangout,” tandasnya.

back-to-top