Senin, 28 Sep 2020 | WIB

Bantu Korban Banjir, Disdukcapil Tangsel Siap Ganti Dokumen yang Hilang Atau Rusak

Avatar
Penulis: Andre Pradana
Diterbitkan: 02 Januari 2020, 22:04 WIB
MCMNEWS.ID | Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel.

TANGSEL, MCMNEWS.ID – Banjir yang melanda Tangerang Selatan sejak kemarin tidak hanya menimbulkan kerugian material dan korban jiwa. Hal ini termasuk dokumen penting milik warga, seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran yang rusak atau hilang akibat terendam dan hanyut terbawa arus banjir.

Untuk membantu meringankan penderitaan warga korban banjir, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil) Tangerang Selatan siap melakukan layanan administrasi ‎kependudukan (adminduk) mengganti seluruh dokumen kependudukan warga yang menjadi korban banjir di wilayah Tangsel.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan, menjelaskan, gerakan yang dilakukannya ini menjadi suatu bentuk inisiatif atas keprihatinan dan bantuan terhadap warga Tangsel yang menjadi korban banjir.

Dedi menjelaskan, untuk penggantian dokumen administrasi ini, ada dua cara yang bisa dilakukan warga.

“Silahkan dikolektif melalui kelurahan masing-masing. Karena yang bersangkutan tentu masih repot dan sebagainya. Sesuai dengan Undang-undang pelayanan publik. Semoga tidak lebih dari 14 hari,” jelasnya.

“Kemudian apabila ada kebutuhan yang mendesak, silahkan datang langsung ke dukcapil akan langsung kami urus, akan kami prioritaskan semoga hanya satu hari langsung jadi.”tambahnya.

Sedangkan, kata Dedi, untuk syaratnya cukup mudah, cukup dengan membawa dokumen yang rusak.

“Tapi kalau hilang, tentu kami butuh keterangan hilang dari kepolisian sebagai syarat kami, khawatir dokumen tersebut nanti disalahgunakan,” terangnya.

Dedi berharap agar program ini dapat membantu masyarakat yang terkena banjir dalam menyelamatkan dokumen administrasinya yang hilang atau rusak.

“Semoga gerakan ini mampu meringankan dan membantu warga Tangsel,” tutupnya.

back-to-top